16 Aturan Baru La Liga di Era New Normal

  • Whatsapp
Logo La Liga. Foto : Getty Images

JAKARTA – Liga Spanyol akan kembali bergulir pada Jumat dini hari nanti. Laga Sevilla vs Real Betis akan membuka kompetisi yang sempat dihentikan karena pandemi Covid-19.

Otoritas Liga Spanyol, La Liga, sendiri telah membuat protokol tatanan baru atau New Normal untuk lanjutan kompetisi musim ini. Selain tak diperbolehkan ada penonton di stadion, sejumlah aturan lainnya juga dibuat agar pertandingan tidak menjadi ajang penyebaran Covid-19.

Bacaan Lainnya

Media Spanyol Marca menyebutkan setidaknya ada 16 peraturan baru yang harus dipatuhi pemain, staf hingga wasit. Berikut peraturan New Normal di Liga Spanyol:

1. Pemain harus meminimalisir kontak fisik saat melakukan selebrasi.

2. Pemain harus menjaga jarak minimal dua meter ketika berbicara dengan wasit, hakim garis dan perangkat pertandingan lainnya.

3. Pemain tak diperbolehkan menggunakan botol minum secara bersama. Setiap pemain harus disediakan botol minum masing-masing yang disediakan staf medis steiap tim.

4. Bib (rompi kuning yang biasa digunakan oleh pemain pengganti) tak boleh digunakan secara bersamaan. Setiap pemain pengganti harus menggunakan bib masing-masing.

5. Semua orang yang berada di bangku pemain cadangan harus menggunakan masker dan sarung tangan, kecuali pelatih tim.

6. Setiap bola yang keluar dari lapangan harus dibersihkan dengan disinfektan oleh anak gawang. Anak gawang juga diharuskan menggunakan masker dan sarung tangan.

7. Tidak diperbolehkan bersalaman di awal dan akhir pertandingan.

8. Setiap pemain dan staf tim diharuskan menggunakan masker dan sarung tangan selama perjalanan dari hotel ke stadion dan terus menggunakannya di ruang ganti. Masker dan sarung tangan hanya boleh dilepas saat pemain melakukan pemanasan dan saat pertandingan. Pelatih hanya boleh melepas masker dan sarung tangan selama pertandingan dan tak diperbolehkan keluar dari area yang sudah ditentukan.

9. Setiap tim akan berjalan memasuki lapangan secara bergantian dengan urutan: Tim tuan rumah, perangkat pertandingan dan tim tamu. Artinya mereka tak akan berjalan bersamaan ke lapangan seperti biasanya.

10. Tak ada sesi foto di awal pertandingan.

11. Setiap pemain, staf tim dan perangkat pertandingan harus menjalani pemeriksaan suhu tubuh sebelum memasuki area stadion.

12. Setiap wasit dan perangkat pertandingan harus menjalani tes dan dinyatakan negatif Covid-19 setidaknya 24 jam sebelum pertandingan berlangsung.

13. Setiap pemain, staf dan perangkat pertandingan juga diharuskan mencuci tangan mereka dengan pembersih yang disediakan saat tiba di stadion, akan memasuki ruang ganti dan saat istirahat jeda babak pertama dengan kedua.

14. Pakaian pemain yang diganti pada saat istirahat harus ditaruh di area steril yang tersedia di ruang ganti.

15. Penggunaan ruang mandi bersama akan dibatasi.

16. Konferensi pers akan dilakukan melalui konferensi video dan tak akan diperbolehkan melakukan pencegatan terhadap pemain oleh media.

Seluruh peraturan tersebut akan diberlakukan hingga akhir kompetisi Liga Spanyol musim ini. Bahkan, bukan tidak mungkin protokol New Normal itu akan berjalan hingga musim depan jika memang pandemi Covid-19 masih belum dapat diatasi.

Pos terkait