187.537 Positif Corona di Indonesia

  • Whatsapp
covid-19 jakarta
Tes Swab Covid-19. Foto : CNN Indonesia

JAKARTA – Kasus positif virus corona (Covid-19) di Indonesia mencapai 187.537 pada Jumat (4/9). Bertambah 3.269 kasus baru dibanding hari sebelumnya usai tes dilakukan terhadap 36.268 spesimen.

Dari 187.537 kasus, sebanyak 134.181 di antaranya telah dinyatakan sembuh dan 7.832 orang meninggal dunia usai terinfeksi virus corona.

Bacaan Lainnya

Jumlah pasien yang sembuh bertambah 2.126 dibanding hari sebelumnya. Jumlah pasien yang meninggal dunia pun bertambah, yakni 82 orang.

Berdasarkan data yang tercantum dalam situs kemkes.go.id, sejauh ini ada 85.178 pasien suspek corona per Jumat (4/9).

Kasus positif virus corona di Indonesia masih terus bertambah dari hari kehari. Satgas Penanganan Covid-19 pun sudah mengatakan bahwa tidak ada wilayah yang aman di Indonesia meski zona hijau sekalipun.

Meski sudah ada ratusan ribu kasus, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyatakan pandemi Covid-19 di Indonesia masih relatif terkendali dibandingkan dengan negara lain.

“Di negara kita walaupun ada peningkatan di beberapa daerah, tapi kalau dibandingkan negara lain, posisi Indonesia masih relatif terkendali,” kata dia, Selasa (1/9).

Terbaru, Epidemiolog Universitas Indonesia Pandu Riono menyarankan pemerintah agar lekas menerapkan lockdown lantaran jumlah kasus sudah lebih dari 180 ribu. Menurutnya, langkah itu tepat jika ingin benar-benar menekan laju penularan virus corona.

“Kasusnya sudah lebih 180 ribu, yang harusnya dilakukan adalah lockdown, PSBB ketat. Semua moda transportasi disetop, kecuali transportasi untuk logistik makanan,” katanya kepada CNNIndonesia.com, Kamis (3/9).

Pandu juga menilai peta zonasi persebaran virus corona tidak bisa dipercaya. Menurutnya, zona hijau bukan berarti tidak ada risiko tertular virus corona.

Pos terkait