27 Negara ini Boikot Pesawat Boeing 737 MAX

  • Whatsapp
pesawat boeing 737 max 8
Air Canada memakai Pesawat Boeing 737 Max 8, beberapa negera sudah melarang terbang pesawat ini menyusul jatuhnya ethopian airlines. Foto: Doc Pri

“Boeing sebagai produsen akhirnya, mengeluarkan kebijakan larangan terbang untuk semua armada jenis 737 MAX di seluruh dunia hingga batas waktu yang belum ditentukan”

JAKARTA – Pasca jatuhnya pesawat Ethiopian Airlines pada Minggu (10/3) yang menewaskan 157 penumpang dan awak, sejumlah besar negara dan maskapai penerbangan di seluruh dunia telah melarang pengoperasian Boeing 737 MAX atau melarang pesawat itu terbang di wilayah udara mereka. Isu rentannya keamanan pesawat Boeing 737 MAX mencuat, lantaran kecelakaan tersebut menjadi yang kedua kalinya.

Bacaan Lainnya

Sebelumnya kecelakaan di Addis Ababa, hanya berselang kurang dari lima bulan pesawat Lion Air jatuh dengan jenis yang sama di Laut Jawa, hingga menewaskan 189 penumpang dan awak. Setelahnya insiden tersebut, banyak pihak menerangkan terdapat kesamaan antara dua kecelakaan dengan melibatkan Boeing 737 Max Series tersebut.

Berikut negara-negara mana saja yang telah mengandangkan, maupun melarang terbang pesawat Boeing series 737 MAX.

1. Uni Eropa

Badan Keselamatan Penerbangan Eropa (EASA), Selasa (12/3), telah mengeluarkan perintah larangan terbang seluruh pesawat Boeing 737 MAX 8 dan MAX 9. EASA mengatakan perintah darurat tentang kelaikan udara itu masih “tahap awal” dari penyelidikan terbaru yang “tidak dapat mengecualikan adanya penyebab serupa pada kedua peristiwa (jatuhnya Boeing jenis 737 MAX 8.red).”

Perintah itu diberlakukan di seluruh wilayah udara Uni Eropa. Dalam hal ini, badan Keamanan Penerbangan Uni Eropa (UE) menangguhkan semua penerbangan Boeing 737 Max 8 di Eropa sebagai tindakan pencegahan.

2. China

Regulator penerbangan China menyatakan pada hari Senin (11/3) telah memerintahkan maskapai penerbangan di negara itu untuk menunda operasi pesawat Boeing Co 737 MAX setelah kecelakaan mematikan pada pesawat Boeing 737-8 MAX yang dioperasikan oleh Ethiopian Airlines.

Perusahaan penerbangan China memiliki 96 pesawat series 737 MAX yang beroperasi, kata regulator perusahaan negara itu di Weibo. Sementara, Caijing, outlet berita yang dikelola pemerintah China yang mencakup keuangan dan ekonomi, mengatakan banyak penerbangan dijadwalkan untuk menggunakan 737 pesawat Max sebaliknya akan menggunakan model 737-800.

Pos terkait