3 Cara Sederhana Ini Bisa Tingkatkan Nafsu Makan Anda

  • Whatsapp
nafsu makan
Ilustrasi Nafsu Makan. Foto: Doc Pri

KANALINSPIRASI.COM – Kehilangan nafsu makan adalah masalah umum di antara orang-orang dari berbagai kelompok umur. Sebagian besar waktu bersifat reversibel dan seringkali bersifat sementara. Nafsu makan yang buruk dapat disebabkan karena beberapa alasan seperti kecemasan, stres, dan depresi.

Terkadang bisa karena penyakit serius seperti demensia, masalah ginjal, infeksi bakteri, dan lainnya. Dalam setiap kasus, kehilangan nafsu makan menyebabkan penurunan berat badan yang tidak diinginkan.

Bacaan Lainnya

Namun, ada obat yang tersedia untuk mengobati kondisi ini, tetapi ada baiknya untuk mencoba beberapa obat alami, selain mudah didapat, juga bebas dari efek samping. Berikut beberapa cara alamiuntuk meningkatkan nafsu makan.

1. Lada hitam
Lada hitam telah digunakan untuk waktu yang sangat lama. Ini sering digunakan untuk meningkatkan pencernaan dan meningkatkan nafsu makan. Lada hitam juga merupakan bumbu yang sangat baik untuk meredakan masalah perut dan gas usus. Selain itu, merangsang selera yang pada gilirannya meningkatkan sekresi asam di lambung yang meningkatkan pencernaan.

Caranya: Campurkan satu sendok teh bubuk jaggery dan setengah sendok teh lada hitam. Konsumsilah campuran ini secara teratur selama beberapa hari.

2. Jahe
Jahe adalah bumbu klasik yang digunakan dalam berbagai persiapan makanan dan juga untuk tujuan pengobatan. Ini sangat baik untuk menghilangkan gangguan pencernaan dan merangsang nafsu makan. Jahe juga membantu meringankan sakit perut. (Baca juga: 5 Pengobatan Rumahan Berbasis Madu untuk Kulit Lebih Muda).

Caranya: Ambil setengah sendok teh jus jahe dan tambahkan sedikit garam batu ke dalamnya. Konsumsi campuran ini, satu jam sebelum makan secara teratur dan lakukan selama 10 hari. Anda juga bisa minum teh jahe.

3. Kapulaga
Kapulaga membantu mempromosikan sekresi jus pencernaan yang pada gilirannya meningkatkan nafsu makan.

Caranya: Anda cukup mengunyah dua-tiga kapulaga sebelum makan. Anda juga bisa menambahkan bubuk kapulaga ke dalam teh yang biasa Anda nikmati.


Sumber: Sindonews.com

Pos terkait