3 Dokter Umum Positif Covid-19 di Lhokseumawe

  • Whatsapp
rumah sakit cut meutia kasus pdp di aceh
ACEH, INDONESIA - MARCH 12, 2020: Health workers wear personal protective uniforms from the coronavirus while in the isolation room of Cut Meutia Hospital in Lhokseumawe. The government reports that up to now 19 people have been positive for corona virus in Indonesia. Kanal Inspirasi / Rahmat Mirza

LHOKSEUMAWE – Sebanyak tiga dokter umum terpapar virus Covid-19 di Kota Lhokseumawe. Dua diantaranya bekerja di rumah sakit swasta dan satu bekerja di Puskesmas.

Ketiganya menjalani isolasi mandiri. Namun belum bisa dipastikan ketiganya terkena dari pasien. Kemungkinan besar terkena di lokasi kerja. Kami imbau pasien jujur soal perjalanannya. Agar dokter mudah memetakan dan menangani,” kata Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Lhokseumawe, Amroellah, dihubungi via seluler, Kamis (17/9/2020).

Bacaan Lainnya

Dia menyarankan, seluruh layanan kesehatan membuat zonasi untuk pemeriksaan pasien. Sehingga dokter dan tenaga medis aman dari potensi terpapar virus corona.

“Misalnya dibuat pertama zona merah, di sini alat pelindung diri super lengkap dan ketat. Lalu zona kuning hingga hijau. Disesuaikan seluruhnya alat pelindung diri yang digunakan,” katanya.

Dia berharap, pemerintah membantu alat pelindung diri pada dokter yang bekerja di rumah sakit swasta. Apalagi, pendapatan rumah sakit swasta selama pandemi menurut drastis. “APD di rumah sakit swasta itu minim. Itu harus dibantu pemerintah. Kalau rumah sakit pemerintah bisa jadi lengkap APDnya,” pungkasnya. []

Pos terkait