5 Khasiat Lidah Buaya, Mulai Dari Sembuhkan Luka Hingga Tangkal Corona

  • Whatsapp
Tanaman lidah buaya. Foto : Pinterest

Tanaman berduri ini selama ini banyak dimanfaatkan untuk kecantikan kulit dan rambut.

Lidah buaya berasal dari daerah Mediterania, namun kini lidah buaya sudah banyak dibudidayakan di Asia, Eropa, dan Amerika Selatan.

Lidah buaya mempunyai kandungan yang bisa menangkal virus corona.

Dilansir dari Alo Dokter, lidah buaya atau Aloe vera merupakan tanaman yang mengandung beragam nutrisi, seperti sifat antioksidan, enzim, vitamin A, vitamin C, sifat antijamur, serta sifat antiinflamasi.

Selain itu, lidah buaya juga mengandung polisakarida dan juga komponen lain yang baik untuk kesehatan. Masih banyak manfaat baik lainnya dari lidah buaya yang perlu diketahui.

Untuk mendapatkan manfaat dari jenis tanaman ini bisa dengan berbagai cara, termasuk diolah menjadi berbagai jenis minuman segar.

Terdapat beberapa manfaat yang diberikan oleh lidah buaya, termasuk bisa menangkal terinfeksi COVID-19. Apa saja manfaat dari lidah buaya ?

1. Meningkatkan Sistem Imunitas Tubuh

Lidah buaya memiliki sifat antioksidan yang tinggi. Sifat antioksida yang ada mampu melindungi tubuh dari radikal bebas pada tubuh.

Lidah buaya membantu penyerapan vitamin dan mineral yang bermanfaat untuk tubuh.

Anda bisa mengonsumsi lidah buaya dalam bentuk jus.

Kandungan vitamin C berguna untuk membantu penyerapan zat besi dan menghasilkan kolagen untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

2. Menjaga Kesehatan Kulit

Sering mencuci tangan ketika pandemi virus corona sangat penting. Menjaga kebersihan tangan merupakan satu di antara cara pencegahan terinfeksinya COVID-19.

Namun, sering mencuci tangan berisiko kehilangan minyak alami dan air yang ada di dalam kulit, termasuk kulit tangan. Lidah buaya dipercaya mampu melembapkan dan melindungi kesehatan kulit. Zat polisakarida dan sterol yang dapat membantu mempertahankan kelembapan kulit.

Hindari penggunaan lidah buaya pada area yang sensitif, seperti mata dan bagian dalam mulut atau hidung.

3. Membantu Proses Detoksifikasi

Manfaat selanjutnya dari lidah buaya adalah mampu membuang racun yang ada di dalam tubuh. Mengonsumsi lidah biaya, dapat membantu proses detoksifikasi dalam tubuh menjadi lebih cepat, hal ini karena kandungan yang dimiliki oleh lidah buaya.

4. Mempercepat Penyembuhan Luka

Lidah buaya memiliki kandungan kalsium dan sifat antioksidan. Kedua kandungan yang ada dalam lidah buaya ini dapat mempercepat pembelahan sel-sel keratinosit (sel penghasil zat keratin di kulit) dan memperkuat jaringan kulit.

Gel lidah buaya memiliki kandungan khusus untuk menghindrasi kulit. Hal ini berarti tekstur dan elastisitas kulit Anda membaik ketika melakukan perawatan menggunakan lidah buaya secara rutin.

5. Menurunkan Berat Badan dan Melancarkan Pencernaan

Ketika menjalani karantina mandiri, aktivitas sehari-hari menjadi terbatas dan Anda memiliki risiko menambah berat badan jika tidak diiringi dengan olahraga atau mengatur pola makan.

Lidah buaya akan sangat membantu proses detoksifikasi, maka secara langsung juga akan membuat proses metabolisme dalam tubuh meningkat sehingga tidak akan ada timbunan lemak dalam tubuh serta pencernaan akan terjaga kesehatannya.

Untuk membantu melancarkan pencernaan, lidah buaya mengandung antrakuinon yang memiliki efek pencahar. Anda bisa mengolah lidah buaya sebagai jus.

Pos terkait