60 Tenaga Medis RSUDZA Dites Swab

  • Whatsapp
rsud zainoel abidin
Tenaga medis berada di ruang isolasi Pinere RSUD Zainoel Abidin saat diresmikan oleh Plt Gubernur Aceh, beberapa waktu lalu. Foto : ANTARA

BANDA ACEH –┬áRumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Zainoel Abidin Banda Aceh melakukan uji usap (swab) terhadap 60 orang tenaga kesehatan seiring bertambah kasus tenaga kesehatan setempat yang terpapar COVID-19.

Direktur RSUD Zainoel Abidin dr Azharuddin, Senin, mengatakan mereka yang dites usap dengan metode polymerase chain reaction (PCR) itu meliputi dokter, peserta program dokter spesialis (PPDS), perawat, serta petugas medis penunjang lainnya.

Bacaan Lainnya

“Iya 60 orang (tenaga kesehatan), sudah kita tes swab Minggu (2/8) kemarin,” kata Azhruddin melalui Koordinator Pelayanan Tim Penyakit Infeksi Emerging (PIE) dr Novina Rahmawati, di Banda Aceh.

Dia menjelaskan, pihak rumah sakit melakukan tes usap tersebut sebagai upaya memutus rantai penularan mengingat semakin banyak petugas kesehatan di RSUD Zainoel Abidin yang terpapar virus corona saat bertugas melayani pasien.

Kata Novina, tenaga kesehatan yang dites usap tersebut yakni mereka yang bertugas di gedung baru RSUD Zainoel Abidin Banda Aceh, baik yang berjaga di instalasi gawat darurat (IGD) maupun yang melayani di ruangan.

“Petugas di rumah sakit baru (yang dites), karena yang terpapar ini banyak petugas dari rumah sakit baru. Setelah di-tracing┬ádapat 60 orang ini yang dites swab. Kalau petugas di ruang isolasi Pinere aman,” katanya.

Lanjut dia, sampel usap para tenaga medis tersebut langsung dikirim ke Balai Litbangkes Aceh di Siron, Kabupaten Aceh Besar untuk diuji, dan hasilnya akan diketahui dalam beberapa hari mendatang.

Sebelumnya, Azharuddin juga menyebutkan bahwa paramedis di RSUD Zainoel Abidin Banda Aceh yang positif terinfeksi COVID-19 mencapai 29 orang. Sebagian mereka sedang menjalani perawatan di ruang isolasi asrama haji Banda Aceh.

Pos terkait