Abrasi dan Gelombang Pasang Rusak Rumah Warga Abdya

  • Whatsapp
Abrasi Eusak Rumah warga Abdya
Rumah Warga Abdya Rusak akibat Abrasi dan Gelobang Pasang. Foto: Wahyu MK - Kanalinspirasi.com
ABDYA – Abrasi yang kembali melanda kawasan pantai kecamatan Susoh. kabupaten Aceh Barat Daya, Minggu (21/7) dini hari, menyebabkan kerusakan pada bangunan rumah warga yang tinggal di pesisir gampong Kedai Palak Kerambil.
“Abrasi terjadi tengah malam saat pasang laut dan hujan deras,’ kata Diswan Suganda, warga setempat.
Ketua Tagana Abdya, Yasri Gusman menyebutkan, akibat pengikisan pesisir pantai dan terjadinya gelombang pasang menyebabkan air masuk dari arah belakang rumah warga.
Akibatnya, 3 rumah warga mengalami rusak berat di bagian dapur, yakni milik Ali Hasyimi, Masri dan Syahrial. Sementara 6 rumah warga lain milik Syahrial, Ali Hasyimi, Irwan, Masri, Anhar dan Mukhtaruddin mengalami rusak ringan.
Menurut Yasri, abrasi atau pengikisan bibir pantai kerap terjadi di Abdya, seperti di kawasan bibir Pantai Jilbab dan gampong Kedai Palak Kerambil. Hingga saat ini penanganan abrasi masih bersifat tanggap darurat terhadap akibat yang ditimbulkan, belum menyentuh akar persoalan yang menjadi penyebabnya.
“Kita berharap Pemerintah Aceh melalui dinas terkait atau pemerintah pusat segera membangun tanggul penahan sepanjang pantai Gampong Keudee Palak Kerambil,” ujarnya.
Atas musibah ini, pemerintah kabupaten melalui BPBK Abdya telah menyerahkan bantuan masa panik kepada masyarakat yang terkena musibah abrasi berupa beberapa jenis bahan kebutuhan pokok dan selimut.
Untuk sementara masyarakat secara swadaya memasang tanggul darurat menggunakan tumpukan goni berisi material pasir. Pengadaan pasir tersebut dibantu alat berat yang dioperasikan oleh pemerintah setempat. (*)

Pos terkait