Aceh Barat Diguncang Gempa 4,2 SR

  • Whatsapp
gempa raja ampat dampak gempa halmahera selatan
Ilustrasi Gempa Bumi. Foto: Ist

ACEH BARAT – Wilayah Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh, diguncang gempa bumi tektonik berkekuatan 4,2 SR, Rabu (31/7), pukul 14. 36 WIB.

Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi terletak pada koordinat 4.67 Lintang Utara dan 96.11 Bujur Timur atau berlokasi di darat, 24 kilometer Barat Laut Kabupaten Aceh Barat pada kedalaman 13 kilometer.

Bacaan Lainnya

Kepala BMKG Wilayah I Medan Edison Kurniawan menerangkan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi itu termasuk dalam klasifikasi gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar Aceh.

“Guncangan gempa bumi ini dirasakan oleh masyarakat di daerah Calang dengan kekuatan II MMI. Hingga saat ini, belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tidak berpotensi tsunami,” ujar Edison Kurniawan.

Hingga pukul 15.50 WIB, kata Edison, hasil monitoring BMKG menunjukkan belum ada aktivitas gempa bumi susulan atau aftershock. Masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Pos terkait