Aceh Besar Gelar Lokakarya Program Kota Tanpa Kumuh

  • Whatsapp

ACEH BESAR – Program Kota tanpa Kumuh Kabupaten Aceh Besar melaksanakan kegiatan Lokakarya, Kamis (15/7/2021) di Permata Hati Hotel. Kegiatan itu dibuka oleh Bupati Aceh Besar melalui Asisten Setdakab bidang Perekonomian dan pembangunan, M Ali M.Si.

Dalam sambutannya, M Ali yang mewakili bupati menyampaikan, pada kegiatan ini dapat disepakati bersama beberapa hal, terutama kepada seluruh OPD terkait yang menjadi leading sektornya program Kota Tanpa Kumuh, seperti Bappeda, Dinas PUPR, Dinas Lingkungan Hidup, dan dinas lainnya, agar kedepan dapat bergerak bersama memfasilitasi dalam penanganan dan pencegahan kumuh baru.

Bacaan Lainnya

“Program Kota Tanpa Kumuh merupakan program lintas sektor dan multi aktor, maka sangat dibutuhkan sinergisitas dalam menstrategikan rencana keberlanjutan dalam penanganan dan pencegahan kumuh,” jelasnya.

Kegiatan Lokakarya Program Kota Tanpa Kumuh dilaksakanan dengan tema Strategi Keberlanjutan Penanganan dan Pencegahan Kumuh pasca 2021.

Kegiatan itu dihadiri sejumlah perwakilan Kepala Badan/Dinas yang tergabung dalam kelompok Pokja PKP, Camat, Keuchik yang masuk wilayah dampingan Program Kota Kumuh, perwakilan dunia usaha, Serta para Koordinator Badan keswadayaan masyarakat sebagai lembaga Binaan program Kota Tanpa Kumuh.

Kepala Balai Prasarana Permukiman wilayah Aceh, M Yoza Habibie ST MT., dalam arahannya menyampaikan bahwa besar harapan paska pelaksanaan kegiatan lokakarya ini dapat dibentuk Forum PKP. Tujuannya agar strategi keberlanjutan Penanganan dan Pencegahan Kumuh dapat semakin terkawal dengan lebih baik lagi.

“Seluruh kegiatan yang sudah dilaksanakan melalui program Kota Tanpa Kumuh dapat terjaga dan dirawat secara berkesinambungan dan dapat dimanfaatkan dalam jangka waktu yang panjang,” harapnya.

Kegiatan Lokakarya tersebut menghadirkan beberapa narasumber diantaranya Kepala Balai Prasarana permukiman wilayah Aceh, Bupati Aceh Besar, Kepala Bappeda Aceh Besar, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang.

Kegiatan Lokakarya ini ditutup dengan tayangan video perjalanan program kota Tanpa Kumuh Aceh Besar sejak tahun 2017-2021. Dalam rekam jejaknya, ada sejumlah keberhasilan kolaborasi yang dilakukan bersama dunia usaha, termasuk salah satunya adalah keberhasilan kolaborasi melalui Pemda Aceh Besar bersama Pelindo I dalam kegiatan peningkatan kualitas masyarakat untuk tahun 2021.

Program itu diserahkan langsung oleh General Manager PT Pelindo I kepada Bupati Aceh Besar yang diwakili oleh, M Ali, M.Si. Serta diserahkan langsung kepada Kepada Balai Prasarana Permukiman Wilayah Aceh yang didampingi oleh Askot Mandiri Program Kota Tanpa Kumuh, serta perwakilan kepala Badan/Dinas terkait. (*)

Pos terkait