Aceh Besar Launching Swab Massal Covid-19

  • Whatsapp
mawardi ali
Bupati Aceh Besar, Mawardi Ali launching pemeriksaan SWAB RT PCR Covid 19 untuk 2000 masyarakat di halaman kantor Bupati Aceh Besar, Senin (20/7). Foto : Ist

ACEH BESAR – Pemerintah Kabupaten Kabupaten Aceh Besar melakukan launching pemeriksaan SWAB RT PCR Covid 19 untuk 2000 masyarakat bertempat di halaman kantor Bupati Aceh, Senin (20/7) siang tadi.

Kegiatan yang digelar Dinas Kesehatan Aceh Besar bekerja sama dengan Universitas Syiah Kuala turut dihadiri Bupati Aceh Besar, Rektor Unsyiah, unsur Forkopimda Kabupaten Aceh Besar serta jajaran SKPK setempat.

Bacaan Lainnya

Kepala Dinas Kesehatan Aceh Besar Anita, SKM, M.Kes mengatakan kegiatan ini digelar sebagai respon cepat untuk mengatasi agar tidak meluas penularan covid-19 didaerah ini, karena berdasarkan data di Aceh besar sudah ada 48 kasus. Launching tes Swab massal ini langsung di buka oleh Bupati Aceh Besar Ir Mawardi Ali.

Lebih lanjut dikatakan, kegiatan ini di laksanakan secara bertahap untuk 2000 masyarakat di Aceh Besar, seraya meminta kepada semua tetap waspada dan menjaga imunitas tubuh demi mencegah dan mengantisipasi penularan covid 19 di Aceh Besar.

Sebab, dari informasi yang di himpum Dinas Kesehatan saat ini terdapat 48 kasus covid-19 di Aceh Besar dengan rincian meninggal 4, sembuh 18, dirawat 26 orang.
Bupati Aceh Besar Ir Mawardi Ali dalam sambutannya meminta kepada semua ASN di Kabupaten Aceh Besar wajib melakukan tes SWAB PCR.

“Untuk seluruh ASN dalam ruang lingkup Pemerintah Kabupaten Aceh Besar di wajibkan untuk melakukan tes Swab dan kalau ada yang tidak berkenan, silahkan untuk tidak masuk kantor dulu sebelum melakukan tes” tegasnya.

Ia menambahkaan, hari ini banyak sekali beredar informasi bahwa Covid 19 adalah proyek pemerintah, ini adalah stigma buruk dan ulah orang orang tidak bertanggung jawab, kita tetap harus waspada dan mentaati protokol kesehatan yang berlaku agar bisa memutus mata rantai penularan Covid 19.

Rektor Unsyiah Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M. Eng. mengatakan, untuk memutus mata rantai penularan Covid 19 di Aceh Besar harus ada kesadaran masyarakat dalam menjaga diri masing masing dari penularan ataupun menularkan kepada orang lain, karena melihat kondisi hari ini di Aceh Besar sudah ada transmisi lokal penularan Covid 19.

Dikatakan unsyiah siap membantu pemerintah Kabupaten Aceh Besar dalam penanganan Covid 19, hari ini unsyiah mempunyai banyak SDM lulusan luar negeri yang paham tentang hal ini dan mempunyai beberapa ruang spesimen bisa di gunakan untuk corona. (dan)

Pos terkait