Aceh Finalkan Lokasi dan Cabor Penyelenggaraan PON XXI 2024

  • Bagikan
Rapat finalisasi lokasi dan cabor PON XXI/2024 Aceh, dipimpin Kadispora Aceh Dedy Yuswaldi dan Sekum KONI Aceh, M Nasir Syamaun, SIP, MPA. Foto/Humas KONI

BANDA ACEH – Stadion Harapan Bangsa Lhong Raya, Banda Aceh dan Kuta Malaka, Aceh Besar, ditetapkan sebagai lokasi penyelenggaraan pertandingan cabang olahraga pada PON XXI tahun 2024.

Selain itu, beberapa daerah lain juga ditetapkan sebagai lokasi pelaksanaan cabang olahraga. Yakni Banda Aceh (soft tenis), Aceh Besar (bolavoli), Sabang (selam, surfing), Pidie (Hapkido dan tenis lapangan), Pidie Jaya (muaythay), Aceh Jaya (kurash dan surfing), Bireuen (sepak bola group B dan bola tangan), Lhokseumawe (soft ball), Aceh Utara (basket), Aceh Tengah (berkuda, kempo, triatlon, gantole dan paralayang) dan Aceh Timur (sepak takraw).

Penetapan ini disamapaikan Sekretaris Umum KONI Aceh, M Nasir Syamaun, SIP, MPA bersama Wakil Sekretaris Akhyar pada rapat finalisasi lokasi venue PON XXI tahun 2024 Aceh di aula Kantor Gubernur Aceh, Sabtu (22/1/2020).

M Nasir menyebutkan, ada 33 cabang olahraga untuk dipertandingkan di Aceh. Dan itu sudah final, hanya ada satu tambahan daerah, yakni Aceh Tenggara di cabang arung jeuram.

“Pada tahun 2022 ini, program yang mendesak adalah lobi mengenai dana APBN dan sponsorship, penyusunan master plan DED dan penetapan technical delegate masing – masing cabang olahraga,” jelasnya.

Sementara itu, Kadispora Aceh Dedy Yuswadi meminta KONI Aceh agar memfitkan cabang olahraga yang dipertandingkan untuk ditandatangani antara Gubernur Aceh dan Gubernur Sumatera Utara. Penetapan lokasi yang berada di beberapa kabupaten/kota, sehingga bisa segera dibangun.

“Kalau ini final maka pembangunan lokasi pun akan segera dilakukan’ dan dilaporkan kepada gubernur,” ujarnya.(*)

  • Bagikan