Aceh Segera Salurkan Bantuan Korban Gempa Sulbar

  • Whatsapp

BANDA ACEH – Bantuan Aceh untuk korban gempa Sulawesi Barat (Sulbar) yang digalang sejak 16 Januari 2021 segera disalurkan. Kepada berbagai pihak yang sudah mencatatkan komitmennya namun belum melakukan transfer dana diimbau segera merealisasikan.

Pada Jumat, 16 April 2021, Corp Marching Band Gita Handayani Dinas Pendidikan Aceh menitipkan donasi untuk korban gempa Sulbar sebesar Rp 12.500.000. Bantuan itu dikumpulkan oleh personel marching band dari masyarakat beberapa waktu lalu.

“Sejak awal memang sudah kami niatkan hasil penggalangan ini akan kami sumbangkan untuk korban gempa Sulbar. Alhamdulillah hari ini bisa kami serahkan,” kata Komandan Corp Marching Band Gita Handayani Disdik Aceh, Akbar Triady Rasyid didampingi rekan-rekannya ketika menyerahkan donasi Rp 12.500.000 kepada Ketua Forum PRB Aceh, Nasir Nurdin di Kantor BPBA di Banda Aceh, Jumat, 16 April 2021.

Penyerahan donasi dari Corp Marching Band Gita Handayani Disdik Aceh disaksikan oleh Kepala Pelaksana BPBA, Abi Ilyas serta pejabat Disdik Aceh, Gamal Abdul Nasir.

Dengan masuknya donasi dari Corp Marching Band Gita Handayani Disdik Aceh maka total donasi untuk korban gempa Sulbar hingga posisi 16 April 2021 mencapai Rp 839.400.018. Rinciannya, Rp 571.280.018 sudah merealisasikan (125 donatur) dan Rp 268.120.000 (9 donatur) masih komitmen.

Segera disalurkan

Kalak BPBA, Abi Ilyas mengatakan, bantuan Aceh untuk korban gempa Sulbar segera disalurkan sesuai dengan kebutuhan di lapangan.

“Masa penggalangan agak lama dengan harapan dana yang terkumpul bisa lebih besar sehingga bisa kita manfaatkan untuk bangunan yang sifatnya monumental seperti membangun masjid sebagaimana di Lombok dan Palu. Nyatanya, setelah hampir empat bulan kita galang hampir tak ada lagi pergerakan donasi,” kata Abi Ilyas dibenarkan Ketua Forum PRB Aceh, Nasir Nurdin.

Abi Ilyas mengatakan, dirinya sudah melaporkan proses penggalangan tersebut kepada Gubernur Aceh, Nova Iriansyah sekalian meminta arahan.

“Pak Gubernur mengarahkan agar segera ditugaskan tim ke Sulbar melakukan assesment untuk apa dana tersebut digunakan,” kata Abi Ilyas.

Sehubungan akan segera disalurkan bantuan itu, Kalak BPBA mengimbau kepada para donatur yang sudah mencatatkan komitmen bantuan agar segera merealisasikan dengan cara transfer ke Bank Aceh Syariah Nomor Rekening 5010197000014.3 atas nama Bantuan Aceh untuk Sulawesi Barat.

“Kita akan segera manfaatkan bantuan masyarakat Aceh itu untuk kepentingan saudara-saudara kita korban gempa Sulbar,” demikian Abi Ilyas.

Seperti diketahui, penggalangan bantuan untuk korban gempa Sulbar didasari seruan Gubernur Aceh, Ir Nova Iriansyah, MT melalui Sekda Aceh, dr Taqwallah, M.Kes pada 16 Januari 2021 atau sehari setelah terjadinya gempa yang memorakporandakan beberapa wilayah di Sulbar.

Tindak lanjut seruan itu, Kepala Pelaksana (Kalak) BPBA, Ilyas Yunus (Abi Ilyas) berkoordinasi dengan Pengurus Forum Pengurangan Risiko Bencana (Forum PRB) Aceh guna melakukan aksi penggalangan dana.

“Forum PRB Aceh didukung penuh oleh Pemerintah Aceh melakukan penggalangan dana kemanusiaan untuk korban gempa Sulbar. Kita langsung bergerak,” kata Abi Ilyas mengutip perintah Sekda dan Gubernur Aceh, waktu itu. (*)

Pos terkait