Aceh Tengah dan Aceh Barat Teken MoU Pembangunan Jalan

  • Whatsapp
kerjasama pembangunan jalan aceh tengah
Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah menyaksikan Penandatanganan MoU Pembangunan Jalan antara Bupati Aceh Tengah dan Aceh Barat. Foto: Ist

ACEH TENGAH – Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah dan Kabupaten Aceh Barat menandatangani Nota Kesepahaman Bersama atau Memorandum of Understanding tentang kerjasama pembangunan jalan antara kedua daerah bertempat, di Restauran Pendopo Bupati Aceh Tengah, Sabtu (13/7), kegiatan itu disaksikan Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah.

Prosesi penandatangan dilakukan langsung oleh Bupati Aceh Barat Ramli MS dan Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar. Pembangunan jalan yang akan menghubungkan Kecamatan Sungai Mas (Aceh Barat) dan Rusip Antara (Aceh Tengah) itu bertujuan untuk pengembangan antar wilayah dan meningkatkan perekonomian kedua daerah.

Bacaan Lainnya

Peningkatan Jalan Strategis ini juga akan membuka jalur alternatif baru, dari wilayah Aceh Barat ke Aceh Tengah dan Geumpang Kabupaten Pidie melalui jalan strategis Nasional Pameu-Geumpang, demikian pula sebaliknya.

Panjang ruas jalan ini mencapai 63,11 kilometer yang terbagi atas Kecamatan Rusip Antara hingga batas Kaupaten Aceh Barat sepanjang 11,18 Km. Jalan Strategis Nasional Pameu-Geumpang sepanjang 14,5 Km.

Dan, panjang ruas jalan wilayah Sungai Mas hingga batas Kabupaten Aceh Barat sepanjang 37,22 Km. Peningkatan jalan ini membutuhkan dana sebesar Rp173.55 miliar lebih.

Untuk kelancaran semua proses, Plt Gubernur mengingatkan kepada Bupati Aceh Barat dan Bupati Aceh Tengah untuk menyelesaikan semua proses administrasi.

“Semua yang kita lakukan ini bertujuan untuk memudahkan dan membuka akses masyarakat antar wilayah tersebut. Oleh karena itu, pastikan semua berkas administrasi lengkap. Jangan sampai timbul konflik antar masyarakat apalagi konflik tapal batas,” imbau Plt Gubernur.

Menanggapi hal tersebut, kedua Bupati menegaskan bahwa saat ini semua syarat sudah terpenuhi dan tidak adalagi konflik tapal batas.

“Alhamdulillah, semua sudah dilengkapi dan tidak ada lagi konflik tapal batas antara Kabupaten Aceh Barat dan Aceh Tengah,” ujar Ramli MS. Bupati Aceh Tengah yang duduk di sisi kiri Plt Gubernur juga menyampaikan hal senada

Nantinya, proses peningkatan jalan tersebut akan menggunakan dana yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Aceh (APBA) dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). (adv)

Pos terkait