Ajak Milenial Kawal Persoalan Lingkungan, FJL Gelar Nonton Bareng Film Bara Dwipa

  • Whatsapp

Forum Jurnalis Lingkungan (FJL) Aceh menggelar nonton bareng (nobar) film “BaraDwipa” yang diproduksi oleh Watchdoc berkolaborasi dengan Kanopi Hijau. Kegiatan itu digelar di halaman Sekretariatan FJL Aceh, Selasa, 16 November 2021.

Ketua FJL Aceh, Zulmasry, mengatakan lembaganya memiliki program kaderisasi generasi konservasi. Sasaran yaitu para milenial. Melalui kegiatan nonton film, pelatihan fotografi, dan videografi akan mendorong mereka untuk terlibat dalam mengawal persoalan lingkungan.

Bacaan Lainnya

“FJL melihat kelompok milenial sebagai pewaris alam ini harus memiliki kepedulian terhadap kondisi lingkungan mereka,” kata Zulmasry, saat memberikan sambutan.

Menurut Zulmasry, para milenial tidak boleh abai terhadap persoalan lingkungan. Sebab, kata dia, kerusakan alam saat ini dampaknya akan ditanggung oleh mereka dan generasi selanjuntya.

Film BaraDwipa, kata Zulmasry, ialah contoh persoalan lingkungan yang tidak banyak peduli. Di sisi lain, pemerintah memaksa untuk melihat dari segi investasi. Namun, mengabaikan terhadap dampak buruknya.

“Bayangkan abu batubara mengancam kesehatan anak-anak. Warga di sekitar kehidupan mereka yang telah dibangun bertahun-tahun tercerabut sehingga memaksa mereka harus pindah ke lokasi lain,” ujar Zulmasry.

Untuk itu, kata Zulmasry, anak-anak muda harus lebih kritis melihat persoalan di sekitar. Di samping itu, harus mengambil bagian dalam Gerakan menyelamatkan lingkungan.

Kegiatan nobar itu juga dihadirkan pemantik diskusi dari film maker BaraDwipa, Raja Umar, yang juga merupakan salah satu wartawan Kompas TV. Raja Umar dalam diskusi banyak menceritakan proses produksi film, pengalaman meliput isu lingkungan, serta persoalan lingkungan. [R]

Pos terkait