Akhir Pekan Ini, Maduro Serukan Aksi Protes Anti Imperialis

  • Whatsapp
Presiden Venezuela Nicolas Maduro serukan warganya turun ke jalan pada akhir pekan ini untuk melakukan aksi anti imperialis. Foto: Ist

KANALINSPIRASI.COM, Caracas – Presiden Venezuela Nicolas Maduro menyerukan warganya untuk turun ke jalan pada akhir pekan ini untuk memprotes imperialisme Amerika Serikat (AS).

Maduro mengatakan ia memilih tanggal itu karena pada 9 Maret 2015, Presiden AS Barack Obama saat itu menandatangani perintah eksekutif yang menyebut Venezuela sebagai ancaman yang tidak biasa dan luar biasa terhadap keamanan nasional AS dan menyatakan keadaan darurat.

“Saya telah menetapkannya sebagai hari anti-imperialisme Venezuela dan kami akan turun ke jalan,” kata Maduro, menyerukan kepada para pendukung untuk mengambil bagian dalam demonstrasi seperti dikutip dari Xinhua, Kamis (07/03/19).

Maduro juga mengatakan dia akan membuat beberapa pengumuman penting pada hari Jumat selama demonstrasi yang memperingati Hari Perempuan Internasional.

Maduro menyerukan hal itu pada sebuah upacara untuk menghormati Hugo Chavez, mendiang presiden dan pemimpin reformis yang meninggal pada 5 Maret 2013.

Selama upacara peringatan itu, Maduro memberikan penghormatan kepada anggota militer karena menahan upaya oposisi yang didukung AS pada 23 Februari untuk memaksa konvoi bantuan AS melalui perbatasan negara, meskipun ada larangan pemerintah.

Maduro menolak bantuan itu sebagai kedok untuk aksi militer AS yang tersembunyi terhadap pemerintahnya.

“Para pemimpin militer didekorasi untuk kemenangan mereka pada 23 Februari, Sabtu kedaulatan, pertahanan perdamaian,” kata Maduro.

“Venezuela menghadapi agresi imperialis paling kuat yang pernah dilancarkan terhadap suatu negara,” imbuhnya.

Kebuntuan di perbatasan adalah insiden terbaru dalam perebutan kekuasaan yang sedang berlangsung antara partai sosialis yang berkuasa dan oposisi sayap kanan, yang ingin Maduro mundur.

Pemimpin oposisi Juan Guaido, kepala Majelis Nasional yang dikendalikan oposisi yang menyatakan dirinya presiden sementara pada Januari, juga menyerukan aksi protes pada Sabtu mendatang.


PENULIS: Tim Redaksi

Pos terkait