Akibat Arus Pendek, Rumah Warga Ie Alang Mesjid Ludes di Lahap Api

  • Whatsapp
konsleting listrik

ACEH BESAR – Akibat konsleting listrik menyebabkan salah satu rumah warga di Kabupaten Aceh Besar dilalap api. Kali ini, kebakaran terjadi di rumah milik Zaimah (30) Warga ie alang Mesjid, Kecamatan Kuta Coet Glie, Rabu (1/5) sekitar pukul 15.30 Wib.

Akibat peristiwa ini, pemilik rumah sempat mengalami syok karena api yang membesar turut membakar sebagian isi rumah korban.

Bacaan Lainnya

Peristiwa kebakaran tersebut diduga kuat akibat konsleiting arus pendek listrik pada penanak nasi yang mengeluarkan api sehingga membakar salah satu ruangan kamar tempat korban menanak nasi menggunakan cosmos.

Berdasarkan informasi yang diperoleh kanalinspirasi.com, saat kejadian korban sedang berada di luar rumah dan seketika korban melihat api yang sudah membesar sontak panik dan langsung memanggil tetangga untuk meminta bantuan sambil menghubungi pemadam kebakaran.

Petugas piket pemadam BPBD Aceh Besar yang mendapatkan informasi tersebut langung bergerak ketempat kejadian dengan mengerahkan dua unit armada pemadam kebakaran yang didatangkan dari pos Seulimum dan pos induk sibreh.

Setiba di lokasi petugas langsung melakukan pemadaman sehingga api cepat tertangani dan hanya membakar salah satu ruangan rumah dan tidak sempat menjalar ke bagian lain nya.

Akibat kejadian tersebut rumah milik Zaimah mengalami rusak ringan, sementara kerugian ditaksir mencapai belasan juta rupiah.

Dalam dua hari ini tercatat dua kasus kebakaran yang dipicu akibat konsleting arus pendek listrik terjadi di wilayah kabupaten Aceh Besar. Sehari sebelumnya kasus serupa juga dialami Hadi haris munandar (32) warga Desa Lamjame Lamkrak, Kecamtan Simpang tiga, Kabupaten Aceh Besar.

Menaggapi tingginya kasus kebakaran yang didominasi konsleting arus pendek listrik, Kalak BPBD Kabupaten Aceh Besar Farhan, AP menghimbau masyarakat agar lebih waspada. Selain itu warga juga diminta agar mengecek kembali instalasi listrik karena penyebab terjadinya sebagian dipicu akibatkan instalasi listrik yang kurang bagus.

Dengan pemasangan instalasi listriknya pihaknya berharap kejadian seperti ini tidak terulang kembali dan memberikan kenyamanan kepada masyarakat. (*)

Pos terkait