Aminullah: Dayah Menjadi Kontribusi Besar Dalam Wujudkan Visi Banda Aceh Gemilang

  • Whatsapp
banda aceh gemilang

BANDA ACEH – Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman mengungkapkan kontribusi dayah atau pasantren sangat besar dalam mendukung pewujudan visi Banda Aceh Gemilang dalam Bingkai Syariah.

“Kontribusi warga dayah meliputi tiga pilar utama pembangunan Pemko Banda Aceh saat ini yakni dalam bidang agama, pendidikan, dan ekonomi,” ungkap Aminullah.

Bacaan Lainnya

Hal tersebut disampaikannya saat meresmikan Mushola Al-Majeed yang berada di kompleks Dayah Mini Aceh, Gampong Alue Naga, Kecamatan Syiah Kuala, Sabtu (27/4).

Khusus dalam bidang agama, menurut wali kota, dayah senantiasa berada di garga terdepan dalam penguatan dan penegakan syariat Islam. “Untuk itu, saya juga tak pernah ragu mendukung keberadaan dayah yang ada di Banda Aceh,” ungkapnya.

Masih menurut Aminullah, komitmen tersebut dibuktikannya dengan melibatkan warga dayah pada instansi atau lembaga strategis seperti Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) dan Dinas Pendidikan Dayah.

“Ke depan, kami komit untuk terus menguatkan keberadaan dayah dan memberdayakan dayah dalam pembangunan kota,” ungkapnya seraya meminta dukungan masyarakat untuk ikut membesarkan lembaga pendidikan yang sudah sangat mengakar di Aceh tersebut.

Khusus kepada Dayah Mini Aceh yang sudah berusia dua tahun, wali kota mengharapkan agar terus meningkat kualitas dan integritasnya. “Semoga santrinya semakin ramai seiring dengan semakin besarnya kepercayaan dari masyarakat,” pungkasnya.

Prosesi peresmian Musala Al-Majeed sendiri ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh wali kota didampingi pimpinan dayah Tgk Umar Rafsanjani, dan perwakilan donatur dari Malaysia Nashir bin Salim.

Pada acara yang dirangkai dengan peringatan milad kedua dayah yang menggratiskan biaya bagi santrinya itu, Aminullah juga menyerahkan sertifikat izin operasional dari Kankemenag Banda Aceh kepada pimpinan dayah.

Turut hadir pada acara tersebut Ketua MPU Banda Aceh Damanhuri Basyir, Kepala Dinas Syariat Islam Alizar, unsur Muspika Syiah Kuala, ratusan santri, dan sejumlah tamu undangan lainnya. (rel)

Pos terkait