Anggota DPRA Abdurrahman Ahmad Apresiasi Bimtek Diskop UKM Aceh Lahirkan Wirausaha Pemula Sukses

  • Bagikan
Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Diskop UKM) Aceh menggelar bimbingan teknis pendirian usaha menjahit bagi pelaku UMKM di Kota Banda Aceh. Bimtek diikuti 30 peserta yang bergerak di bidang menjahit baik usaha mikro kecil dan menengah, berlangsung di Grand Aceh Hotel Banda Aceh, Rabu 22 Juni 2022.

Kanalinspirasi.com, ACEH BESAR – Ketua Fraksi Partai Gerindra DPR Aceh, Abdurrahman Ahmad menyampaikan apresisasi atas penyelenggaraan Bimbingan Teknis (Bimtek) membuka usaha bengkel bagi Wirausaha Pemula (WP), yang dilaksanakan Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Diskop UKM) Aceh.

Menurut Abdurrahman, kegiatan ini sangat besar artinya untuk membangkitkan lagi UMKM di Aceh yang mengalami keterpurukan selama terjadinya pandemi.

“Selama pandemi banyak usaha UMKM masyarakat yang terpuruk karena tidak adanya pembeli dan pelanggan, sehingga banyak yang terpaksa tutup. Sekarang seiring pandemi melandai, UMKM kembali menggeliat bangkit dan mendapat dukungan dari Diskop UKM Aceh,” katanya.

Ketua Fraksi Partai Gerindra DPR Aceh, Abdurrahman Ahmad

Disampaikannya Abdurrahman Ahmad, saat ini Diskop UKM Aceh bersama DPR Aceh, melakukan kunjungan kerja untuk mengetahui permasalahan usaha ditengah masyarakat dan melakukan segala upaya untuk membantu.

“Dari kunjungan kerja ini kita buatlah program bimbingan teknis dalam pokok pikiran dewan, untuk wirausaha laundry, bengkel dan menjahit,” terangnya.

Abdurrahman berharap, melalui bimtek ini, para peserta benar-benar mendapat ilmu pengetahuan tentang cara menjalankan usaha.

“Bimtek ini memberi motivasi dan materi agar wirausaha pemula benar-benar memiliki ilmu untuk memulai usaha, bukan hanya sekedar ikut-ikutan mencoba, jadi target kita mereka harus berhasil menjadi wirausaha mandiri,” tegasnya.

Jika peserta bimtek ini berhasil dan juga didukung bantuan alat kerja, lanjut Abdurrahman Ahmad, ke depan Diskop UKM Aceh dapat memberi pelatihan kepada masyarakat lain untuk menjadi wirausaha pemula.

“Kalo peserta bimtek ini tidak berhasil, kedepan kita hanya melakukan bimtek yang sama, dan itu sangat disayangkan. Maka kita harapkan peserta bimtek ini dapat menjalankan usaha dengan baik sesuai ilmu yang diperoleh, sehingga bertambah wirausaha sukses,” sebutnya.

DPR Aceh sendiri, kata Abdurrahman, melihat rencana kerja pemerintah dalam RPJM dan berupaya mengalokasikan anggaran untuk kegiatan yang menyentuh langsung kebutuhan masyarakat. Salahsatunya pelaksanaan bimbingan teknis wirausaha pemula seperti yang dilaksanakan Diskop UKM Aceh.

“Usaha mikro ini memang harus terus mendapat pendampingan dan diberi dukungan, dan untuk program bimtek wirausaha seperti yang dilaksanakan Diskop UKM Aceh ini, DPR Aceh akan sangat mendukung dan mempertimbangkan dalam hal penyediaan anggaran,” pungkasnya.(*)

  • Bagikan