Apple Resmi Luncurkan iOS 13, Yuk Intip Kelebihannya

  • Whatsapp
ios 13
Penampakan iOS 13 Apple. Foto: Doc Pri

CUPERTINO – Pengumuman utama Apple di konferensi pengembang tahunannya adalah iOS 13, versi berikutnya dari platform mobile-nya. OS tersebut akan dirilis musim gugur ini bersamaan dengan pelepasan iPhone baru.

Seperti yang dikabarkan, iOS 13 mendapatkan Mode Gelap yang dapat diaktifkan jika Anda sudah memiliki cukup banyak UI putih Apple di seluruh OS. Mode Gelap tidak harus benar-benar hitam di semua aplikasi, tapi semua aplikasi bawaan Apple harus mendukungnya secara otomatis.

Bacaan Lainnya

Pengembang aplikasi pihak ketiga dapat mengintegrasikannya ke dalam aplikasinya sendiri. Pengguna dapat menyalakannya secara otomatis saat malam atau pada waktu tertentu.

Jika iPhone Anda memiliki layar OLED, menggunakan Mode Gelap memiliki potensi untuk memperpanjang masa pakai baterai perangkat.

iOS 13 juga diklami akan lebih cepat juga. Face unlock tampaknya membutuhkan waktu 30% lebih sedikit dari sebelumnya. Sementara perubahan Apple mengemas aplikasi akan membuat peluncuran aplikasi dua kali lebih cepat dari sebelumnya.

Saat Anda mengunduh aplikasi, pengunduhan itu sendiri akan menjadi 50% lebih kecil. Sedangkan pembaruan aplikasi akan menjadi 60% lebih kecil.

Keyboard bawaan Apple telah memperoleh fungsionalitas gesekan pengetikan, sesuatu yang keyboard Android lakukan selama bertahun-tahun. Fokus Apple pada privasi diperluas untuk memasukkan lebih banyak izin lokasi granular untuk aplikasi -Anda sekarang dapat mengizinkan aplikasi untuk melihat lokasi hanya sekali. Perusahaan juga menambahkan lansiran pelacakan latar belakang, yang memungkinkan Anda memiliki detail lebih lanjut tentang bagaimana aplikasi menggunakan lokasi Anda.

Selain itu, Apple memperkenalkan sistem Masuk dengan Apple. Fitur dapat Anda gunakan di iOS 13 untuk dengan mudah masuk ke aplikasi melalui akun Apple, mengautentikasi dengan FaceID atau TouchID (dan dengan otentikasi dua faktor disertakan).

Apple juga akan mengirimkan aplikasi ID acak unik. Jika suatu aplikasi meminta alamat email Anda, Anda dapat memilih untuk memberikannya email Anda yang sebenarnya, atau yang acak yang secara otomatis dibuat oleh Apple untuk Anda dengan penerusan bawaan. Email sekali pakai ini sebenarnya per-aplikasi, sehingga Anda hanya dapat menghapus satu saja yang dikaitkan dengan aplikasi tertentu jika Anda mau.

Pembaruan Peta

Aplikasi bawaan Apple juga mendapat pembaruan. Peta akan memiliki UI baru, dengan bilah di bagian bawah yang memungkinkan pengguna menyimpan dan kemudian dengan mudah menavigasi ke favorit.

Ini juga memiliki Look Around, yang pada dasarnya adalah versi Apple dari Google Street View. Aplikasi Maps juga menerima peta yang sama sekali baru di AS pada akhir tahun. Peta baru memiliki cakupan jalan yang lebih baik, data pejalan kaki lebih baik, alamat lebih tepat, dan tutupan lahan yang lebih rinci.

Di palikasi Pesan, kini Anda dapat menambahkan nama dan Memoji Anda. Jadi jika pengguna mengirim pesan teks kepada orang yang tidak menyimpan detail Anda, mereka akan tahu siapa yang dituju. Memoji sendiri jauh lebih dapat dikustomisasi dan Stiker Memoji juga disediakan.

Anda dapat menggunakannya di lebih banyak aplikasi karena mereka adalah bagian dari keyboard. Stiker Memoji akan bekerja dengan perangkat apa pun yang berjalan pada chip A9 atau lebih baik, sedangkan Memoji tetap terbatas pada perangkat dengan kamera FaceID.

Dan masih banyak lagi pembaruan yang bisa Anda dapatkan dari iOS 13 terhadap perangkat Apple. Untuk diketahui pratinjau pengembang iOS 13 pertama akan tersedia bagi pengembang terdaftar dan program beta publik segera dirilils akhir bulan ini.

Laman GSM Arena mengungkapkan, secara mengejutkan iOS 13 hanya akan keluar untuk iPhone dan perangkat iPod touch. Sebab mulai saat ini iPad akan mendapatkan iOS sendiri bernama iPadOS.

Pos terkait