Arus Balik Lebaran Diprediksi Malam Ini atau Minggu

  • Whatsapp
puncak arus balik lebaran
Kendaraan pemudik dari arah Jakarta melewati jalan tol jakarta-cikampek di Cikampek, Jawa Barat, Minggu (2/6). Foto: GARRY LOTULUNG - Kompas

JAKARTA – Puncak arus balik Lebaran 1440 H/2019 diprediksi akan terjadi pada Sabtu (8/6) malam atau pada hari Minggu (9/6). Pasalnya, di sisa waktu yang ada ini akan dimanfaatkan pemudik untuk melakukan perjalanan kembali ke tempat asalnya.

Direktur Prasarana Transportasi Darat Kementerian Perhubungan Mohamad Risal Wazal mengungkapkan, perkiraan puncak arus balik di hari tersebut juga karena pada hari Senin (10/6) merupakan hari pertama masuk kerja setelah liburan Lebaran.

Bacaan Lainnya

“Waktu arus balik tahun ini menjadi lebih pendek bila dibanding pada saat arus mudik tahun kemarin. Untuk itu, pemudik bisa merencanakan perjalanan ke tempat asal agar tidak terjadi penumpukan kendaraan di waktu yang bersamaan,” kata Risal, Sabtu (8/6).

Dia mengutarakan, pemudik yang akan kembali ke tempat asal hendaknya juga bisa memantau pergerakan arus lalu lintas dari aplikasi telepon selulernya.

“Puncaknya ini kalau lihat situasinya itu ya antara Sabtu (8/6) malam atau Minggu (9/6). Jadi, puncak arus balik baru besok cukup signifikan. Kami akan perkuat pergerakan di gerbang tol kalau terjadi penumpukan yang tinggi, sehingga kita akan bantu mengurainya,” katanya.

Pos terkait