AS Catatkan 2.108 Kematian Akibat Covid-19 Dalam Sehari

  • Whatsapp
Ilustrasi. Foto : AP

JAKARTA – Amerika Serikat menjadi negara pertama yang melaporkan lebih dari 2.000 kematian akibat infeksi virus corona dalam kurun waktu 24 jam.

Berdasarkan perhitungan Johns Hopkins University pada Jumat (10/4), AS mencatat 2.108 kematian karena penyakit akibat virus corona atau Covid-19 dalam satu hari.

Bacaan Lainnya

Dengan demikian, AS total sudah melaporkan 18.586 kematian akibat Covid-19, di bawah Italia sebagai negara dengan orang meninggal karena virus corona paling banyak, yaitu 18.849.

Secara keseluruhan, kasus infeksi virus corona di AS sudah nyaris menembus setengah juta, yaitu 496.535, atau melonjak 35.098 kasus dalam kurun waktu 24 jam.

Meski demikian, para pejabat AS terus menggaungkan harapan bahwa kurva angka infeksi virus corona itu akan segera melandai.

Presiden AS, Donald Trump, bahkan mengatakan bahwa kurva infeksi virus corona di negaranya sudah hampir mencapai puncak. Ia pun mulai mempertimbangkan membuka kembali negaranya dari lockdown sesegera mungkin.

“Tak perlu dipertanyakan lagi, ini merupakan keputusan terbesar yang pernah saya ambil,” ucap Trump.

Trump melontarkan pernyataan ini tak lama setelah Badan Kesehatan Dunia (WHO) memperingatkan bahwa mencabut lockdown secara prematur berisiko mempercepat Covid-19 datang lagi.

Tak menghiraukan peringatan WHO, Trump malah berkata, “Namun, apakah kalian tahu? Berdiam diri di rumah juga bisa berujung kematian.”

Pos terkait