AS Laporkan 75.255 Positif Corona Sehari

  • Whatsapp
Presiden Donald Trump. Foto : AFP

WASHINGTON – Amerika Serikat melaporkan sedikitnya 75 ribu kasus baru infeksi virus corona Covid-19 pada Kamis 16 Juli 2010. Angka itu adalah rekor kasus harian tertinggi ketujuh kalinya pada bulan ini.

Kasus kematiannya juga meningkat dan baru-baru ini mencapai level tertinggi sejak awal Juni. Tingkat kematian dipimpin oleh Arizona, California, Florida dan Texas.

Bacaan Lainnya

Lebih dari setengah dari semua negara bagian Amerika Serikat, atau dari 50 negara bagian, juga telah melaporkan rekor kasus harian. Infeksi meningkat di hampir semua negara bagian sepanjang dua minggu terakhir dibandingkan dua minggu sebelumnya.

Bahkan, Reuters memberikan catatan, jika Florida adalah sebuah negara, dia akan menempati urutan keempat di dunia untuk jumlah kasus harian Covid-19. Florida ada di belakang Amerika Serikat, Brasil dan India.

Jumlah total 75.255 kasus baru di Amerika Serikat sepanjang Kamis melampaui rekor sebelumnya pada Jumat pekan lalu ketika kasus harian sebesar 69.070 orang. Pada Juni, kasus naik rata-rata 28.000 seharinya. Tapi sepanjang bulan ini yang sudah berjalan, jika dirata-ratakan, naik menjadi 57.625 kasus Covid-19 per hari.

Perkembangan itu membuat masyarakat di Amerika Serikat semakin terbelah dalam berbagai isu. Misalnya, pembukaan kembali sekolah-sekolah dan pusat bisnis. Pun dengan kewajiban mengenakan masker di ruang publik umum.

Perdebatan masih terjadi di Amerika sekalipun ada konsensus yang hampir universal di antara para pakar kesehatan bahwa masker adalah satu cara efektif untuk menghentikan penularan virus yang telah menyebabkan lebih dari 134 ribu orang Amerika meninggal itu.

Anthony Fauci, pakar penyakit menular terkemuka Amerika Serikat, telah memperingatkan bahwa kasus Covid-19 di negara itu dapat segera mencapai 100 ribu orang per hari. Ini terjadi jika orang Amerika tidak bersama-sama mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk menghentikan penyebaran virus corona Covid-19.

Pos terkait