Atasi Karhutla, 52 Ton Garam Akan Ditebar di Langit Riau

  • Whatsapp
karhutla riau
Ilustrasi Kabut Asap. Foto: Ist

PEKANBARU – Selain upaya pemadaman, Tim Satgas Darat dan Udara Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Satgas Karhutla) Riau juga melakukan operasi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC). Kegiatan ini dilakukan agar bisa membuat hujan buatan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Riau, Edward Sanger mengatakan hingga saat ini, Satgas Karhutla telah melakukan penyemaian garam sebanyak 52 ton. Upaya penyemaian awan ini hampir merata di kabupaten dan kota.

Bacaan Lainnya

“Sampai saat ini kita sudah menyemai 52.000 Kg garam di langit Riau. Kita berharap agar hujan segera turun,” kata Edward Sanger, Minggu (21/7).

Operasi modifikasi cuaca dilakukan sudah beberapa pekan. Kegiatan Penanggulangan kebakaran oleh Satgas Udara ini menggunakan dua pesawat yakni Cassa 212 dan pesawat jenis Piper Cheyenne II.

Edwar menjelaskan, operasi TMC terakhir dilakukan di tiga wilayah yakni Kabupaten Siak, Meranti dan Pelalawan dengan total sebanyak 1000 Kg. Tim Satgas Penanggulangan juga sudah menyiapkan cadangan bahan semai langit.

“Saat ini kita masih punya cadangan sebanyak 10.400 Kg garam untuk operasi TMC,” imbuhnya.

Pos terkait