Ayo Lihat Kecantikan Goa Hawang Yang Tersembunyi di Maluku

  • Whatsapp
wisata alam air goa hawang maluku

Kanalinspirasi.com, Maluku – Goa Hawang di Maluku merupakan salah satu destinasi wisata mengagumkan yang terletak di Pulau Kei Kecil tepatnya di Desa Letvuan sekitar 15 km dari Tual, Ibukota Maluku Tenggara. Gua ini dikenal sebagai destinasi wisata yang cukup tersembunyi tapi memiliki mitos menarik di belakangnya yang akan membuat perjalanan kamu semakin menarik.

Kendati lokasinya terpencil, siapapun yang mengunjungi Goa Hawang di Maluku ini dijamin akan tersihir oleh kecantikan alamnya. Kenapa namanya Goa Hawang? Soalnya, Hawang kalo diartikan ke Bahasa Indonesia berarti arwah. Sebagian besar warga Kepulaian Kei, Maluku percaya jika Goa Hawang didiami oleh banyak hantu.

Kendati lokasinya terpencil, siapapun yang mengunjungi Goa Hawang di Maluku ini dijamin akan tersihir oleh kecantikan alamnya.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Sebelum kamu menceburkan diri ke dalam kolam segar di Goa Hawang, ada baiknya kamu menyimak dulu kisah unik di balik tempat ini. Katanya, di dalam Goa Hawang terdapat batu yang melambangkan seorang pemburu pria yang memegang tombak dan dua ekor anjing. Menurut ceritaan yang beredar, pria tersebut pergi berburu babi hutan bersama kedua ekor anjing. Babi hutan yang diincar mendadak hilang saat memasuki gua. Lelah mengejar babi hutan, pria tersebut sempat minum air gua yang ternyata sangat pahit. Ia pun marah dan kecewa lalu bersumpah serapah di dalam gua ini, sehingga ia dan kedua anjingnya dikutuk menjadi batu.

Goa ini sebenarnya terhubung langsung dengan mata air Evu melalui sungai bawah tanah.

Nggak ada yang tau pasti kapan goa ini di temukan, yang jelas menurut penduduk setempat goa ini ditemukan oleh para tetua di Kepulauan Kei sudah sejak lama. Goa ini sebenarnya terhubung langsung dengan mata air Evu melalui sungai bawah tanah. Mata air Evu adalah sumber mata air terbesar di Kepulauan Kei.

Awalnya, Goa Hawang sempat dianggap angker oleh warga setempat. Tapi, seiring berjalannya waktu dan kepercayaan yang terbentuk, goa ini kini justru dianggap sebagai tempat suci yang dipakai untuk bertapa atau bersemedi. Bahkan, para ibu meyakini kalo perempuan yang mendambakan buah hati harus masuk ke dalam goa agar bisa memiliki anak. Nggak cuma itu, air alami yang cantik dan jernih di Goa Hawang juga dipercaya bisa membuat awet muda dan enteng jodoh. Nggak heran, banyak orang mendatangi gua ini dengan berbagai tujuan dan keyakinan.

Saat laut pasang, air di gua ini bisa naik hingga ketinggian 3 meter,Terlepas dari benar dan nggaknya mitos tersebut, Goa Hawang tetap menarik untuk dikunjungi. Airnya yang jernih, berwarna biru, segar dan dingin menjadi daya tarik di gua ini. Kamu bisa merasakan sensasi alamnya dengan berenang dan diving. Saat laut pasang, air di gua ini bisa naik hingga ketinggian 3 meter. Oleh karena itu, buat yang gak bisa berenang disarankan untuk berhati-hati dan berdiam di pinggir kolam aja.

air alami yang cantik dan jernih di Goa Hawang juga dipercaya bisa membuat awet muda dan enteng jodoh.Untuk mencapai gua yang indah ini, kamu gak perlu merogoh kocek dalam-dalam, cukup membayar tarif masuk mobilnya saja bukan hitungan per kepala. Bagi warga luar kota, kamu bisa melanjutkan perjalanan dari Bandara Pattimura, Ambon menuju Bandara Karel Satsuitubun, Langgur, Maluku Tenggara. Setelah mendarat, perjalanan menuju Goa Hawang pun akan ditempuh sejauh 15 kilometer.

Nah, gimana tertarik untuk berwisata ke Goa Hawang? Yuk, langsung pesan tiket pesawatnya dan hotel murah di Ambon lewat Mister Aladin! Selamat berlibur.

Sumber: Sindonews.com

Pos terkait