Bahas Rakhine State, Menlu Retno Bertemu Menlu Thailand Besok

  • Whatsapp
menlu indonesia retno marsudi
Bahas Rakhine State, Menlu Retno Bertemu Menlu Thailand Besok

JAKARTA – Menteri Luar Negeri (Menlu) Indonesia Retno Marsudi akan melakukan pertemuan Menlu Thailand Don Pramudwinai, Rabu (13/03/19) besok. Salah satu agendanya adalah membahas krisis di Rakhine State, Myanmar.

Pada tahun ini, Thailand adalah Ketua ASEAN. Isu Rakhine State atau dikenal sebagai krisis Rohingya merupakan salah satu masalah terpenting ASEAN.

Rencana pertemuan kedua Menlu itu disampaikan juru bicara Kementerian Luar Negeri Indonesia Arrmanatha Christiawan Nasir, Selasa (12/03/19). Pertemuan kedua Menlu ini akan menjadi pertemuan ketiga dalam beberapa bulan terakhir.

Fokus pembicaraan lain dari kedua Menlu adalah soal tindak lanjut dari hasil pertemuan ASEAN di Chiang Mai beberapa waktu lalu. Beberapa isu di kawasan Indo-Pasifik juga akan menjadi pembahasan.

“Dalam pertemuan itu juga akan dibahas mengenai isu Rakhine State, berdasarkan pertemuan di Chiang Mai kemarin ada kesepakatan antara para Menlu bahwa AHA Center untuk membantu repratiasi Rakhine State,” kata Arrmanatha.

Dilplomat Indonesia menguraikan sejumlah isu bilateral yang dijadwalkan jadi topik pembicaraan kedua Menlu. “Isu ekonomi akan menjadi fokus, soal eksportir kareta, keduanya akan membahas bagaimana untuk (menjaga) stabiltas harga,” papar dia.

Tahun depan hubungan Indonesia dan Thailand akan menginjak usia 70 tahun. Beberapa kegiatan sudah direncanakan akan digelar.


PENULIS: Tim Redaksi
SUMBER: SindoNews.com

Pos terkait