Bali Diguncang Gempa, BNPB: Tidak Mengganggu Penerbangan

  • Whatsapp
gempa mengguncang bali
Bandara I Gusti Ngurah Rai International Airport Bali, Denpasar. Foto: Ist

DENPASAR – Badan Nasional Penanggulangan Bencana memastikan gempa 5,8 Skala Richter (SR) yang mengguncang wilayah Bali, Selasa (16/7) pukul 08.18 Wita, tidak mengganggu penerbangan nasional maupun internasional.

“Jadi goncangannya yang di Bandara I Gusti Ngurah Rai sekitar skala 4 MMI jadi termasuk sedang, sehingga tidak mengganggu penerbangan. Gempa sekitar 5 menitan sehingga tidak terlalu menganggu, mungkin ketika pas mendarat pesawat sedikit terganggu tapi ini belum ada laporan bahwa ada gangguan. Cuma ada sedikit rusak di bandara. Rusak berat hanya 2 saja, dan belum ada pengungsian,” ungkap Plh Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Agus Wibowo, dalam jumpa pers di Gedung BNPB.

Bacaan Lainnya

Baca Juga: Halmahera Diguncang Gempa, 3.104 Warga Mengungsi

Agus mengatakan, pihaknya baru menerima data sementara yakni satu orang mengalami luka di Bali. “Dampak dari gempa baik di Pulau Bali, Lombok, maupun di Jawa Timur yakni di Banyuwangi dan Jember baru ada satu orang yang mengalami luka. Kemudian di Gambiran Bali, ada beberapa bangunan rusak ringan. Di Kajang Banyuwangi juga rusak ringan dan di Jember ada beberapa kerusakan ringan,” jelasnya.

Agus memastikan, dari kekuatannya, gempa tidak berpotensi tsunami. “Jadi himbauannya masyarakat tetap tenang dan tidak mempercayai isu yang tidak dapat dipercaya,” tegasnya.

Pos terkait