Bandara SIM Aceh Gelar Shalat Ied Perdana, Aktivitas Bandara Dihentikan

  • Whatsapp
shalat ied perdana bandara sim aceh
Ratusan Jamaah laksanakan Shalat Idul Adha di halaman parkir Bandara SIM Aceh, seiring dihentikannya aktivitas penerbangan. Foto: Deddy Ridwan - Kanalinspirasi.com

ACEH BESAR – Untuk pertama kalinya pelaksanaan shalat Ied dilaksanakan otoritas Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM) Aceh, di pelataran parkir bandara yang  terletak di kecamatan Blang Bintang, Kabupaten Aceh Besar, Minggu (11/8) pagi.

Shalat Idul Adha 10 Zulhijah 1440 H dilaksanakan pukul 08.30 WIB, diikuti ratusan jamaah yang terdiri dari pekerja di Bandara SIM karyawan Angkasa Pura II dan masyarakat dari desa sekitar Bandara, yang telah berdatangan sejak pukul 07.00 WIB.

Bacaan Lainnya

Tgk. Ismail M. Daud dari Cot Cut kecamatan Kuta Baro Aceh Besar yang bertindak sebagai Khatib sekaligus Imam pada shalat ied, dalam khutbah Idul Adha-nya menyampaikan hikmah kisah Nabi Ibrahim yang akan menyembelih putranya Ismail, yang menjadi awal perintah pelaksanaan ibadah Qurban.

General Manager PT Angkasa Pura II Bandara Sultan Iskandar Muda Aceh Yos Suwagiono menyampaikan, dengan dilaksanakannya shalat Ied di Bandara SIM ini, segala aktivitas penerbangan dihentikan dari pukul 07.00 hingga pukul 12.00 WIB.

“Tadi pagi pukul 06.00 masih dilakukan aktivitas penerbangan, Lion Air dan Garuda masih bisa diberangkatkan,’’ sebutnya.

Sementara dalam waktu pelaksanaan Shalat Ied, ada tiga penerbangan ke Bandara SIM yang digeser jadwalnya.

“Ada tiga aktivitas kedatangan yang ditunda hingga pukul 11.50 yaitu Garuda, Air Asia dan Citilink, dan kita serahkan kepada kebijakan maskapai,’’ jelasnya lagi.

Sebelumnya pada 24 Juli 2019 Bupati Aceh Besar Mawardi Ali telah mengeluarkan surat imbauan penghentian aktivitas bandara untuk pelaksanaan shalat ied atas permintaan otorits bandara.

“Dilaksanakannya shalat Ied perdana di Bandara SIM ini merupakan sebuah berkah bagi otoritas Bandara dan berkah untuk Aceh dari Allah,” ungkap Yos Suwagiono yang sempat meneteskan air mata bentuk syukurnya.

Usai pelaksanaan shalat ied, PT Angkasa Pura II juga melaksanakan pemotongan hewan qurban

“Idul Adha ini Angkasa Pura menyembelih 4 ekor sapi dan 1 kambing, yang dagingnya akan dibagikan kepada masyarakat gampong disekitar bandara,’’ pungkasnya. (*)

Pos terkait