Banjir Bandang Terjang Kawasan Wisata Air Terjun Lawe Dua Agara

  • Whatsapp

KUTACANE –¬†Banjir bandang menerjang lokasi wisata air terjuan Lawe Dua, kecamatan Bukit Tusam, kabupaten Aceh Tenggara. Hal ini disebabkan tingginya curah hujan yang terjadi sepanjang malam, kamis (28/03/19).

Pantauan Kanalinspirasi.com pada sabtu (30/03/19), tumpukan kayu gelondongan berukuran besar yang hanyut dibawa arus deras banjir, telah merusak instalasi pipa Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Aceh Tenggara.

Bacaan Lainnya

Akibatnya, saluran air bersih PDAM Tirta Aceh tenggara yang bersumber dari wilayah pegunungan Lawe Dua mengalami gangguan distribusi kepada pelanggan di sejumlah wilayah Bukit Tusam.  Diantaranya antaranya desa Lawe Dua Gabungan, Darussalam, Sebudi Jaya, Kerukunan, Rikit Bur dan beberapa desa sekitar.

“Kami sangat berharap¬† Pemkab Aceh tenggara segera memberikan perbaikan wisata air terjun ini dan sarana lain yang rusak oleh banjir,” pinta Jamal (38) warga setempat.

Hingga berita ini diturunkan, belum tampak ada upaya perbaikan arus air sungai yang sudah rusak dan perbaikan putusnya saluran PDAM oleh pihak terkait.

“Air ini kebutuhan sehari-hari kita, agar pihak terkait dapat segera memperbaikinya. Saat ini kami mengalami kesulitan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari, seperti untuk mandi, mencuci, masak dan keperluan lainnya ” harap Yen (30) ibu rumah tangga pelanggan PDAM Tirta Aceh tenggara.


Reporter: Mahyuddin
Editor: Deddy Ridwan


 

Pos terkait