Banjir dan Tanah Longsor Landa Aceh Selatan, 70 KK Mengungsi

  • Whatsapp
bencana banjir landa aceh selatan
Banjir dan Tanah Longsor Landa Aceh Selatan, 70 KK Mengungsi. Foto: Doc Pri

ACEH SELATAN – Bencana banjir dan tanah longsor melanda lima Kecamatan di Kabupaten Aceh Selatan Minggu, (24/03/19).

Tidak ada korban jiwa akibat bencana tersebut, namun puluhan rumah warga tergenang air dan lumpur serta akses jalan lintas Tapaktuan-Medan terhambat akibat  pohon tumbang.

Bacaan Lainnya

Kalak BPBD Kabupaten Aceh Selatan Cut Syazalisma, S.STP yang dikonfirmasi media ini membenarkan kejadian tersebut.

“Ya benar, akibat hujan deras seharian mengakibatkan sejumlah kecamatan terendam banjir,” kata Cut Syalisma.

Menurut nya, ada enam kecamatan yang terkena dampak banjir diantaranya adalah Kecamatan Pasie Raja, Tapaktuan, Kluet Timur, Kota Bahagia, Bakongan Timur, dan Kecamatan Kluet Tengah.

Dijelaskannya, hujan deras yang melanda Aceh Selatan seharian mengakibatkan sungai meluap sehingga air naik kepemukiman penduduk sekitar pukul 18.56 Wib minggu 24 maret.

Akibat dari kejadian tersebut, sebanyak 26 Gampong (Desa) yang ada di lima kecamatan dalam wilayah kabupaten Aceh Selatan tergenang air dan lumpur.

Semetara khusus untuk tanah longsor Cut syalisma menyebutkan terjadi ditiga titik sehingga mengakibatkan akses jalan terhambat di lintas tapaktuan-medan, gunung pudung. Selain itu juga terdapat satu titik lokasi pohon tumbang yang juga berakibat terganggunya akses jalan dikawasan tersebut.

Akaibat dari bencana tersebut sebanyak 70 kepala keluarga yang terkena dampak banjir terpaksa mengungsi, ada jumlah pengungsi diantaranya warga Gampong Panton Bilie sebanyak 20 Kk dan Air Pinang 50 kk.

Kalak BPBD Aceh Selatan Cut Syazalisma menuturkan, tingginya intensitas hujan yang masih terus terjadi menjadi pemicu kejadian tersebut. Karena itu, pihaknya mengimbau masyarakat untuk semakin meningkatkan kewaspadaan, terutama yang tinggal di daerah rawan bencana.


Editor: Dhanil

 

Pos terkait