Banjir di Aceh Utara Meluas, Ribuan Warga Mengungsi

  • Whatsapp
banjir lhoksukon
Prajurit TNI AL Lanal Lhokseumawe saat mengevakuasi warga yang terjebak banjir di Gampong Geumata, Kecamatan Lhoksukon, Aceh Utara, Minggu (6/12). Kanal Inspirasi/Rahmat Mirza

ACEH UTARA – Banjir semakin meluas di Kabupaten Aceh Utara pada Minggu (6/12). Banjir meluas hingga merendam Kecamatan Lhoksukon, Matangkuli, Pirak Timu, Paya Bakong, Tanah Luas, Langkahan, Baktiya, Baktiya Barat, Meurah Mulia, Simpang Keuramat, dan Kecamatan Sawang, Aceh Utara.

Dampaknya ribuan warga mengungsi ke sejumlah tempat seperti mushala dan jalanan yang belum terendam banjir.

Bacaan Lainnya

Kepala BPBD Aceh Utara, Amir Hamzah kepada wartawan di lokasi banjir mengatakan, empat perahu karet disiagakan di pusat Kota Lhoksukon, Aceh Utara. “Sejumlah kecamatan yang terendam juga disiagakan perahu karet milik TNI AL, SAR, BPBD Aceh Utara dan Dinsos Aceh” katanya.

Banjir yang disebabkan tingginya intensitas hujan sejak tiga hari terakhir itu terus meluas dan berdasarkan data BPBD setempat telah merendam 517 desa di 22 kecamatan di Aceh Utara.

Tim perahu karet bertugas mengevakuasi warga yang terjebak banjir ke lokasi pengungsian. Untuk pengendara dari Medan-Banda Aceh, sambung Amir Hamzah, diminta berhati-hati.

Petugas disiagakan di lokasi banjir untuk memandu pengendara. “Ketinggian air badan jalan sudah ada yang satu meter hingga dua meter. Maka, kami imbau berhati-hati,” pungkasnya. []

Pos terkait