Banjir Luapan Sungai Rendam Ratusan Rumah di Lima Kecamatan di Abdya

  • Whatsapp
banjir di abdya

ABDYA – Hujan deras yang disertai angin kencang terjadi pada sore kemarin di beberapa tempat di wilayah Aceh Barat Daya mengakibatkan banjir luapan di sepanjang daerah aliran sungai Krueng Manggeng dan Krueng Adan dengan ketinggian masing-masing bervariasi.

Luapan tertinggi terjadi di Gampong Pawoh, Dusun Bincah mencapai 1 sampai 1,5 meter. Sementara banjir lainnya juga berdampak terhadap sekira 218 Kepala Keluarga yang tersebar di Kecamatan Susoh 65 rumah, Blangpidie 35 rumah,  Manggeng 123 rumah, Lembah Sabil 32 rumah dan Tangan-tangan 30 rumah.

Kondisi pada Selasa pagi (12/03/19),masyarakat masih bertahan di rumah masing-masing karena air sudah mulai surut. Personil beserta pimpinan Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten (BPBK) Abdya langsung datang ke lokasi  sesaat setelah kejadian.

Kerugian akibat banjir tersebut hingga sore ini masih dalam tahap perhitungan teknis oleh pihak terkait, sementara penyaluran logistik untuk wilayah terdampak sangat parah di Dusun Bincah, Gampong Pawoh, Kecamatan Susoh, meliputi beras, mie instan, air mineral dan gula telah dilakukan sejak pukul 19.00 sampai 24.00 pada Senin (11/03/19) sebagaimana dilaporkan oleh Pusdalops BPBK Abdya melalui Petugasnya Rahman Fajri, ST. dan Ahmad, A. Md.

Sementara berdasarkan pantauan media ini pada Selasa (12/03/19) pukul 17.00 wib, sisa genangan air masih meredam beberapa titik, selain pemukiman penduduk juga meredam area persawahan di lingkungan Cot Manee, Kecamatan Jeumpa dan sekitarnya.


REPORTER: Wahyu MK

EDITOR: Tim Redaksi

Pos terkait