Banjir Rob Landa Aceh Barat, Air Laut Genangi Rumah Warga

  • Bagikan
Sejumlah rumah warga yang berada di pinggir laut di kawasan Desa Pasir, Kecamatan Johan Pahlawan, Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, terdampak banjir rob akibat meluapnya air laut, Jumat (6/5/2022). (ANTARA/HO-Dok BPBD Aceh Barat)

Kanalinspirasi.com, ACEH BARAT –  Sebanyak 512 jiwa atau 121 kepala keluarga (KK) warga Desa Pasir, Kecamatan Johan Pahlawan, Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, terdampak banjir rob akibat meluapnya air laut.

“Sejauh ini tidak ada korban jiwa di masyarakat,” kata Koordinator Pusdalops BPBD Aceh Barat Mashuri yang dihubungi dari Banda Aceh, Jumat (06/05/2022) siang, dilansir dari ANTARA.

Ia mengatakan musibah genangan banjir rob tersebut menyebabkan air laut masuk ke dalam rumah warga, dengan ketinggian air berkisar antara 20 hingga 30 sentimeter.

Dampak dari meluapnya air laut tersebut, kata dia, mengakibatkan sepanjang rumah yang berada di bibir pantai semua sudah menggenang dengan air laut.

“Dampak dari bencana alam ini juga menyebabkan aktifitas masyarakat sudah mulai terganggu, karena sebagian rumah warga sudah masuk air laut,” kata Mashuri menambahkan.

Guna memastikan langkan dan penanganan selanjutnya, BPBD Aceh Barat saat ini terus melakukan pemantauan  rumah warga yang terkena luapan air laut.

Pihaknya juga sedang mempersiapkan petugas untuk melakukan evakuasi warga jika dibutuhkan.

“Hingga saat ini ombak sudah mulai mengecil dan  limpahan air laut ke darat masih ada, tapi sudah kecil dari sebelumnya,” demikian Mashuri.(*)

  • Bagikan