Bantuan APD dan Masker Dari Pemerintah Pusat Tiba di Aceh

  • Whatsapp
bantuan apd pemerintah indonesia
Pesawat Boeing 737 Milik TNI AU dari Skuadron 5 Bandara Sultan Hasanuddin Makassar yang membawa bantuan medis untuk penanggulangan covid-19 di aceh tiba di Lanud Bandara Sultan Iskandar Muda, Blang Bintang, Aceh Besar, Sabtu (4/4) petang. Foto : Dhanil - Kanalinspirasi.com

ACEH BESAR – Bantuan Alat Pelindung Diri (APD) berjumlah 3.000 pcs dan masker Ea (7,5 koli) atau 15.000 buah dari Pemerintah Indonesia untuk Pemerintah Aceh yang diangkut dengan pesawat Boeing-737 milik TNI AU, Sabtu (4/4) petang tiba di Bandara Sultan Iskandar Muda, Blang Bintang Aceh Besar.

Komandan Lanud Iskandar Muda, Kolonel Pnb Hendro Arief H., S.Sos kepada wartawan, Sabtu (4/4) mengatakan, pelaratan medis yang diangkut dengan pesawat Boeing-737 milik TNI AU, terdiri dari 3.000 pcs Alat Pelindung Diri (APD) tenaga medis dan 15.000 pcs masker.

Bacaan Lainnya

Bantuan tersebut dikirim oleh Tim Gugus Covid-19 Nasional kepada Pemerintah Aceh, alat medis yang dibawa oleh tim Skuadron 5 Bandara Sultan Hassanudin Makassar, kemudian pesawat terbang ke Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta, kemudian terbang ke Bandara Sultan Iskandar Muda,Blang Bintang Aceh Besar. Pesawat ini setelah dari Aceh akan melanjutkan penerbangan ke Medan, juga dalam rangka distribusi bantuan.

Anggota TNI AU dari Skuadron 5 Bandara Sultan Hasanuddin Makassar menurunkan bantuan medis di Lanud Bandara Sultan Iskandar Muda, Blang Bintang, Aceh Besar, Sabtu (4/4) petang. Foto : Dhanil – Kanalinspirasi.com

Setelah APD dan Masker dikeluarkan dari pesawat selanjutnya Danlanud Iskandar Muda Kolonel Pnb Hendro Arief menyerahkan bantuan tersebut kepada Pemerintah Aceh yang diterima oleh Sekretaris Dinas Kesehatan Aceh Ferdiyus.

Baca Juga : Pemerintah Aceh Distribusikan Rapid Test ke Seluruh Aceh

Usai menerima alat medis tersebut, Sekretaris Dinkes Aceh, Ferdiyus,SKM.,M.Kes kepada wartawan mengatakan, bantuan ini akan distribusikan kepada seluruh rumah sakit yang ada di Aceh, namun untuk saat ini kita akan prioritaskan untuk rumah sakit yang ditunjuk dulu sebagai rumah sakit rujukan covid-19, karena sudah banyak rumah sakit rujukan ini mengeluh dengan kurangnya APD dan Masker.

“Bantuan ini, baru dalam tahap pertama, nantinya akan ada lagi bantuan lain yang akan masuk ke Aceh, nanti setelah semuanya masuk akan langsung kita distribusikan ke seluruh rumah sakit yang ada di Aceh,” terangnya.

Tim Medis dari Lanud Bandara Sultan Iskandar Muda, Blang Bintang, Aceh Besar saat mensterilkan box bantuan alkes dengan cairan disinfektan, Sabtu (4/4) petang. Foto : Dhanil – Kanalinspirasi.com

Ia menambahkan bantuan ini, mulai nanti malam akan langsung di distribusikan ke rumah sakit mulai dari wilayah barat, utara, tengah, timur dan selatan. dilihat dari rincian rasio tenaga kesehatan di Aceh untuk APD sendiri, hingga saat ini masih belum mencukupi, baik untuk kebutuhan puskesmas maupun rumah sakit, karena ini bantuan masih dalam tahap pertama, tambahnya.

Bandara Tetap Beroperasi

Terkait dengan permintaan banyak pihak agar oprasional bandara dihentikan, pada masa pedemi covid-19, Danlanud Iskandar Muda Kolonel Pnb Hendro Arief menegaskan itu bukan kewenangannya, untuk menutup bandara, karena itu wewenang pemerintah pusat.

Baca Juga : Spesimen PDP Covid-19 Dikirim ke Jakarta Melalui Bandara SIM

Namun, untuk pengoperasian pesawat saat ini, tanpa kita suruh pun sudah ada pengurangan jadwal penerbangan yang masuk ke Aceh, kalau sebelumnya tiap hari ada 15 penerbangan kini hanya tinggal 5 penerbangan saja.

Dan juga bandara tidak mungkin ditutup karena hampir setiap hari pemerintah mengirimkan hasil spesimen lab untuk dikirimkan ke balitbang kemenkes di Jakarta untuk diperiksa, dan itu dikirimkan melalui bandara SIM. Ia juga menegaskan saat ini sudah tidak ada penerbangan Internasional yang masuk ke Aceh. (dan)

Pos terkait