Bawa Sabu 1Kg, Dua Pelaku Ditangkap di Bandara Malikussaleh

  • Whatsapp
Hendak bawa sabu 1kg tujuan Jakarta, dua pelaku ditangkap petugas saat memasukan tasnya terdeteksi X-ray di Bandara Malikussaleh, Aceh Utara, Sabtu (19/12/2020).

LHOKSEUMAWE – Pria berinisial VS (32) warga Gampong Beunyot, Kecamatan Juli, Bireuen, dan ‘koleganya’ Ha (40) ibu rumah tangga, warga Gampong Buket Mulia, kecamatan yang sama, ditangkap aparat penegak hukum karena diduga terlibat dalam jaringan pengedar narkoba.

Informasi yang diterima, VS ditangkap pada Sabtu (19/12/2020) oleh petugas keamanan Bandara Malikussaleh, Muara Batu, Aceh Utara, ketika mencoba membawa satu kilogram sabu tujuan Jakarta.

Bacaan Lainnya

Kepada polisi lelaki pengangguran itu mengaku dibayar Rp15 juta. Pada 19 Desember 2020 pukul 05.30 WIB, Pelaku VS menghubungi Ha yang sedang berada di Krueng Mane, Muara Batu, Aceh Utara, untuk menunggu seseorang di salah satu warung yang berada di jalan Simpang Elak, Mane Tunong, Muara Batu, yang akan mengatar tas berisi narkoba jenis sabu-sabu.

Pukul 08.00 WIB, VS berangkat menuju Krueng Mane, Muara Batu, dengan menggunakan angkutan umum jenis L-300 untuk bertemu Ha yang sudah menerima narkoba dari orang yang mengantar.

Tiba di Simpang Elak, VS menghubungi Ha dan kemudian keduanya berangkat dengan menggunakan sepeda motor jenis Honda Supra, Nopol BL 3069 ZAE, warna hitam kombinasi merah menuju Bandara Malikussaleh.

Keduanya tiba di Bandara Malikussaleh dan memakirkan sepeda motornya di luar pagar bandara. VS masuk ke dalam area bandara dengan berjalan kaki. Kemudian mencari petugas kesehatan untuk melakukan rapid test.

Karena petugas kesehatan belum siap, kemudian VS disarankan untuk melakukan check in terlebih dahulu, baru kemudian melakukan rapied test agar tidak terlambat karena pesawat akan terbang pukul 11.00 WIB. Ketika VS memasukan tasnya ke dalam alat X-ray, termonitor benda mencurigakan di dalam tumpukan pakaian pelaku.

Sabu dalam kemasan milik tersangka terdeteksi x-ray bandara. Foto:Ist

Kemudian petugas pengamanan bandara yang terdiri dari Paskhas Kipan B Yonko 469, Babinsa Koramil Muara Batu, POM TNI AU melakukan pemeriksaan terhadap tas bawaan pelaku dan ditemukan dua bungkus besar seberat 1 Kg, jenis sabu sabu. Selanjutnya VS diamankan.

Ha yang masih berada di luar pagar sedang menunggu lelaki itu terbang, ikut ditangkap. Keduanya beserta barang bukti diserahkan kepada pihak Sat Narkoba Polres Lhokseumawe untuk selanjutnya dilakukan pengembangan. Rencananya VS sabu sabu itu akan dibawa ke Jakarta dengan upah Rp15 juta.

Kapolres Lhokseumawe AKBP Eko Hartanto saat dikonfirmasi melalui pesan whatsApp mengatakan, pihaknya masih melakukan pengembangan. Senin sore di release, jawabnya singkat AKBP Eko. []

Pos terkait