Bea Cukai Musnahkan Sextoys

  • Whatsapp

BANDA ACEH – Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C Banda Aceh (Bea Cukai Banda Aceh) melakukan pemusnahan barang sitaan milik negara berupaya sex toys, kosmetik, rokok, busur, anak panah, pakaian bekas, karton dan hanphone yang masuk ke Aceh tampa izin.

Kepala Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Banda Aceh, Heru Djatmika Sunindya usai melakukan pemusnahan barang bukti, Rabu (31/3) kepada wartawan mengatakan pemusnahan barang sitaan atas nama Menteri Keuangan telah mendapatkan persetujuan pemusnahan atas Barang Milik Negara eks Kepabeanan dan Cukai yang dikelola oleh Bea Cukai Banda Aceh melalui surat nomor S-025/MK.6/WKN.01/KNL.01/2021 tanggal 22 Februari 2021.

Bacaan Lainnya

Barang yang dimusnahkan tersebut merupakan hasil sitaan selama kurun waktu selama bulan Januari hingga Desember 2020.

Ia menambahkan, sejak setahun terakhir telah melakukan penindakan sebanyak 101 kali atas pelanggaran ketentuan kepabeanan dan cukai. Barang sitaan tersebut telah ditetapkan sebagai Barang yang Dikuasai Negara dan Barang yang menjadi Milik Negara.

Menurutnya barang yang dimusnahkan merupakan barang milik negara (BMN) yang sudah tidak layak pakai/berbahaya jika digunakan, dengan total nilai barang diperkirakan Rp 82 juta, dengan potensi kerugian negara secara keuangan setidaknya Rp 30 juta, namun disamping itu ada dampak secara sosial dan kesehatan yang tidak bisa dinilai dengan nilai ekonomis.

“Kami juga menghimbau dan mengajak para kepala dan pejabat daerah beserta masyarakat untuk bersama-sama memberantas peredaran barang-barang ilegal seperti rokok ilegal dan lain-lain agar terwujudnya ketentraman dan perekonomian yang baik di bumi aceh ini. Harap Heru Djatmika Sunindya.

Pos terkait