Belarus Gelar Latihan Perang di Tengah invasi Rusia di Ukraina

  • Bagikan
Pemandangan menunjukkan deretan kendaraan lapis baja selama latihan militer "Allied Resolve" yang diadakan oleh angkatan bersenjata Rusia dan Belarus di tempat pelatihan Osipovichsky di wilayah Mogilev, Belarus, Kamis (17/2/2022). ANTARA FOTO/Maxim Guchek/BelTA/Handout via REUTERS/WSJ/sad.

Kanalinspirasi.com, INGGRIS РMiliter Belarus melakukan latihan perang besar-besaran secara mendadak pada Rabu untuk menguji kesiapan tempur, kata kementerian pertahanan negara tetangga Ukraina itu.

“Direncanakan bahwa uji (kesiapan tempur) itu akan melibatkan pergerakan sejumlah besar kendaraan militer yang bisa memperlambat lalu lintas di jalan umum,” kata kementerian itu dalam pernyataan.

Kemhan mengatakan latihan itu, yang digelar di tengah invasi Rusia di Ukraina, tidak membawa ancaman bagi negara-negara tetangganya atau komunitas Eropa.

Belarus merupakan sekutu dekat Rusia, yang menyebut tindakannya di Ukraina sebagai “operasi militer khusus”.

Beberapa wilayah Ukraina yang berbatasan dengan Belarus, termasuk ibu kota Ukraina Kiev, berada dalam gempuran Rusia pada tahap awal invasi, yang dimulai akhir Februari setelah Rusia dan Belarus menggelar latihan gabungan.

Namun, Rusia kini memfokuskan serangannya ke wilayah timur dan tenggara Ukraina.(*)

  • Bagikan