Bendung Katulampa Siaga II, Jakarta Diimbau Waspadai Banjir Kiriman

  • Whatsapp
hujan deras mengguyur bogor

BOGOR – Hujan deras masih terus mengguyur wilayah Bogor malam ini. Akibatnya ketinggian air di Bendung Katulampa, Kelurahan Katulampa, Bogor Timur, Kota Bogor, terus naik dan malam ini sudah mencapai 170 centimeter (cm).

“Dengan tinggi muka air (TMA) Sungai Ciliwung di Bendung Katulampa 170 centimeter, maka statusnya kini Siaga II. Saat ini cuaca di Bogor, khususnya kawasan Puncak dan Katulampa, masih hujan,” ujar Kepala Petugas Jaga Bendung Katulampa, Andi Sudirman, Selasa (23/4) malam.

Hujan deras sudah mengguyur wilayah Bogor, terutama di kawasan Katulampa, sejak Selasa (23/04) petang dan terus berlangsung hingga pukul 21.00 WIB.

Kenaikan debit air Sungai Ciliwung di Bendung Katulampa tersebut sudah terjadi secara bertahap, yang semula pada pukul 18.00 hanya 30 centimeter atau berstatus normal, mendadak naik secara drastis.

“Tiba-tiba setengah jam kemudian tepatnya pukul 18.29 WIB, tinggi muka air Bendung Katulampa langsung naik drastis menjadi 110 dan masih bertahan hingga sekarang,” katanya.

Berselang satu, jam hujan sempat mereda atau hanya gerimis, tepatnya pukul 20.00 WIB. Ketinggian air juga sempat turun menjadi 90 centimeter. Namun 45 menit kemudian, hujan deras kembali turun sehingga membuat TMA di Bendung Katulampa naik lagi menjadi 170 centimeter.

“Kami mengimbau kepada masyarakat yang tinggal di bantaran Sungai Ciliwung, khususnya di wilayah Jakarta, agar mewaspadai air kiriman,” ucapnya.

Diperkirakan air kiriman dari Bogor akan tiba di Jakarta dalam waktu sembilan jam ke depan. “Kami terus lakukan koordinasi dengan BMKG dan petugas pintu air lainnya di Sungai Ciliwung untuk memantau ketinggian debit air,” pungkasnya.

Pos terkait