Blangpidie Kota Kecil dengan Problem Lalu Lintas yang Tidak Tertib

  • Whatsapp
penggendara melanggar lalu lintas
Pengendara sepeda motor tanpa helm terlihat menerobos lampu merah lalu berbelok ke Jalan Pendidikan yang jelas ada rambu dilarang masuk, Selasa (05/03/19)|Foto: Wahyu MK- Kanalinspirasi.com

Kanalinspirasi.com, Abdya – Perilaku masyarakat Blangpidie secara umum dalam berlalu-lintas sehari-hari terlihat masih jauh dari sikap tertib dan disiplin.

Ada beberapa jalur jalan dalam kota yang diatur oleh dinas terkait sebagai jalan satu arah seperti Jalan H. Ilyas, Jalan Pendidikan, Jalan At-taqwa dan lain-lain.

Bacaan Lainnya

Namun demikian jika Anda melintas di jalanan tersebut hendaknya berhati-hati karena bisa saja tiba-tiba ada kendaraan yang melawan arus, terutama jenis sepeda motor atau becak motor. Meskipun Anda pada jalur yang benar, bisa saja terkena bentak oleh pengendara yang melawan arus.

Yang paling sering terjadi lawan arus antara lain Jalan Pendidikan dari arah barat ke timur, Jalan H. Ilyas dari arah selatan ke utara, dan Jalan At-taqwa dari pertigaan Jalan H. Ilyas ke arah barat.

Selain persoalan di atas, perilaku memarkir kendaraan pun seringkali terlihat tidak tertib sehingga mengakibatkan terjadinya kemacetan arus lalu-lintas. Apalagi tidak didukung oleh area parkir yang memadai semakin menambah runyam persoalan lalu-lintas di kota kecil ini.

Diah salah seorang pengguna jalan mengungkapkan bahwa perilaku masyarakat tersebut dianggap hal biasa di Blangpidie.

“Banyak orang tidak menyadari kesalahan walaupun melawan arus. Bahkan dari berbagai titik persimpangan yang terpasang lampu lalu-lintas sebagian besar masyarakat tidak pernah mematuhinya.” Keluh Diah.

Penegakan hukum oleh pihak kepolisian setempat pun terlihat tidak pernah ada sehingga pelanggaran seperti di atas kerap dianggap angin lalu oleh masyarakat, lanjut Diah yang merupakan pegiat sosial kemasyarakatan di Abdya kepada media ini ketika diminta komentarnya, Selasa (05/03/19) di Blangpidie. (wmk)

Pos terkait