BNN Kota Banda Aceh Ciptakan “Lampulo Bersinar”

  • Bagikan
Kepala BNN Kota Banda Aceh bersama Keuchik Gampong Lampulo meninjau lokasi IBM "Jra Han Jra" Gampong Lampulo, Kecamatan Kuta Alam. Selasa (29/3/2022), FOTO/ HUMAS BNNK BANDA ACEH

Kanalinspirasi.com, BANDA ACEH – Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Banda Aceh Hasnanda Putra, ST, MM, MT menjadi pemateri pada Sosialisasi Gampong Bersih Narkoba yang diselenggarakan di Kantor Keuchik Gampong Lampulo, Kecamatan Kuta Alam. Selasa (29/3/2022).

Acara dibuka langsung oleh Keuchik Gampong Lampulo Alta Zaini di Aula Kantor Keuchik. Sosialisasi diikuti oleh 20 orang peserta yang mewakili perangkat gampong dan jajarannya.

Alta Zaini menyampaikan apresiasi atas dukungan Kepala BNN Kota Banda Aceh untuk memberantas narkoba di Gampong Lampulo. “Sinergi dan komitmen terus kita perkuat menuju Lampulo Bersinar,” kata Alta Zaini.

Keuchik Gampong Lampulo juga mengatakan saat ini pihaknya telah menyiapkan fasilitas untuk kegiatan desa bersinar dan intervensi berbasis masyarakat (IBM), ini sebagai bentuk komitmen dan kepedulian bagi masyarakat yang telah terlanjur menjadi penyalahguna narkoba.

“Nantinya IBM ini yang diberi nama “Jra Han Jra” akan menjadi tempat untuk melayani masyarakat korban penyalahguna narkoba,” tambah Alta Zaini.

Hasnanda melalui paparannya menyampaikan Lampulo saat ini berada pada tahap waspada untuk kasus permasalahan narkoba dan tidak menutup kemungkinan akan berada di level bahaya disebabkan kawasan ini terletak di pesisir pantai sehingga memudahkan peredaran narkoba di kawasan Lampulo ini.

“Saat ini kita sedang berupaya menciptakan Lampulo Bersinar dan menjadi salah satu model gampong yang memiliki terobosan dalam hal pelaksanaan kegiatan program P4GN. Dalam hal ini kami harap dukungan dari seluruh elemen masyarakat agar tujuan yang ingin kita capai bisa terwujud,” kata Bang Has.

Disamping itu Konselor Adiksi BNN Kota Banda Aceh Akhirullah Abd Rajab, atau sapaan akrabnya Bro Akhi ikut memberikan paparan terkait pelaksanaan program intervensi berbasis masyarakat (IBM) yang nantinya akan menjadi sebuah tempat pelayanan bagi korban penyalahguna narkoba yang berada di level rendah, nantinya BNN Kota Banda Aceh akan melatih para petugas yang disebut sebagai Agen Pemulihan (AP) untuk memfasilitasi kegiatan tersebut.

Menurutnya, saat ini Lampulo sudah sangat komit dengan pelaksanaan kegiatan IBM ini terlihat dari fasilitas yang telah disediakan oleh Gampong dan sudah mengusulkan nama Jra Han Jra sebagai kantor IBM tersebut.

Paparan dilanjutkan oleh Sub Koordinator P2M Susi Erlita, SKM yang membahas tentang Program Desa Bersinar.

Dalam paparannya tersebut disampaikan saat ini Lampulo telah menjadi salah satu Gampong bersinar dari tiga lokasi yang ditetapkan pada tahun ini.

“Harapannya kita dapat bersinergi dengan berbagai elemen masyarakat untuk dapat menciptakan Lampulo Bersinar,” ungkap Susi.

Kegiatan diakhiri dengan foto bersama dan mengunjungi rumah IBM Gampong Lampulo yang berlokasi di samping Kantor Keuchik Gampong Lampulo.(*)

  • Bagikan