BPBD Banda Aceh Disinfektan 90 Meunasah

  • Whatsapp
bpbd banda aceh
Seorang petugas dari BPBD Kota Banda Aceh sedang menyemprotkan cairan disinfektan ke bagian dalam 'meunasah' di Banda Aceh, Kamis (6/8/2020). Foto : ANTARA

BANDA ACEH – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banda Aceh melakukan penyemprotan cairan disinfektan ke 90 meunasah (musala) setiap gampong (desa) di daerah berjuluk Kota Serambi Mekah mulai 27 Juli hingga 13 Agustus mendatang.

“Penyemprotan masih terus berlanjut. Kami targetkan penyemprotan ini akan selesai sesuai dengan jadwal,” kata Kepala Pelaksana BPBD Kota Banda Aceh Rizal Abdillah di Banda Aceh, Kamis.

​​​​​Rizal Abdillah mengatakan bahwa penyemprotan disinfektan ini sesuai dengan arahan Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman sebagai salah satu bentuk pencegahan penyebaran Covid-19 yang makin meningkat kasus positif dewasa ini di provinsi paling barat Indonesia tersebut.

Adapun tujuan penyemprotan, kata dia, merupakan salah satu upaya penanganan terhadap pencegahan penyebaran Covid-19 sehingga jemaah meunasah dapat menjalankan ibadah dengan nyaman dan tetap menjalankan protokol kesehatan.

Berdasarkan data BPBD Kota Banda Aceh disebutkan bahwa dari 90 meunasah yang disemprotkan disinfektan sudah terlaksana di 63 musala, di antaranya Meunasah Asmaul Husna di Gampong Pie, Gampong Peunyerat, Lambung, Lhong Cut, dan Meunasah Nurul Iman di Gampong Asoe Nanggroe.

Menurut dia, langkah penyemprotan ini sangat berperan penting untuk memutus rantai penyebaran Covid-19.

Sebelumnya, Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Provinsi Aceh Saifullah Abdulgani meminta pasien yang telah sembuh agar menjadi sukarelawan pencerah bagi masyarakat agar selalu disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan.

Saifullah Abdulgani menyebutkan ada tiga warga Kabupaten Aceh Tamiang yang telah sembuh hingga Rabu (5/8) sehingga totalnya 141 orang.

Sementara itu, pasien Covid-19 yang meninggal dunia di Aceh juga bertambah satu orang, yakni warga asal Banda Aceh, sehingga totalnya 18 orang.

Jumlah kasus Covid-19 saat ini, kata dia, menjadi 483 orang dengan perincian 324 orang dalam perawatan rumah sakit rujukan atau isolasi mandiri dan 141 orang sembuh.

Pos terkait