Buang Puntung Rokok di Kamar, Kasur Warga Aceh Besar Terbakar

  • Whatsapp
puntung rokok kebakaran rumah
Kebakaran Rumah Abdul Hamid (56) warga gampong Ateuk Moen Panah, Kecamatan Simpang Tiga, Aceh Besar, Minggu (9/6) sekira pukul 20.00 WIB. Foto: BPBD Aceh Besar

ACEH BESAR – Api dari puntung rokok yang masih menyala, diduga menjadi penyebab kebakaran yang terjadi  di rumah Abdul Hamid (56) warga gampong Ateuk Moen Panah, Kecamatan Simpang Tiga, Aceh Besar, Minggu (9/6) sekira pukul 20.00 WIB.

Dari keterangan Kalaksa BPBD Aceh Besar, Farhan, AP yang disampaikan petugas Pusdalops, Iqbal, sumber api diduga kuat karena kelalaian pemilik rumah yang membuang sisa puntung rokok dalam kamar, yang  menimbulkan kobaran api.

Bacaan Lainnya

Beruntung, penghuni rumah cepat menyadari adanya kebakaran dan kemudian melakukan upaya pemadaman dibantu warga tetangga sekitar.

“Penghuni rumah yang sedang diluar rumah, melihat kepulan asap dari dalam rumah, yang kemudian diketahui berasal dari kamar tidur. Penghuni dibantu warga langsung melakukan penyiraman dengan peralatan seadanya untuk memadamkan api,” jelas Iqbal.

Armada Pemadam yang mendapat informasi kejadian kebakaran segera ke lokasi, untuk melakukan tindak lanjut pemadaman dan pendinginan.

Walau berhasil dipadamkan dan dicegah, namun sempat membakar bagian rumah, api telah terlebih dahulu menghanguskan tempat tidur dan kasur di dalam kamar.

Insiden telah ditangani pihak berwenang. Kerugian ditaksir mencapai jutaan rupiah.

“Kita menghimbau warga jangan lalai dengan berbagai sumber api dalam rumah, seperti kompor, lilin dan rokok, guna mencegah terjadinya kebakaran yang sangat tidak kita inginkan,” harap Kalaksa BPBD Aceh Besar, Farhan, AP. (*)

Pos terkait