Bupati Aceh Barat Minta Keuchik Siap Menjadi “Underbow'” Pancasila

  • Bagikan
Bupati Aceh Barat H Ramli MS saat menghadiri peresmian Tugu Kongres Santri Pancasila di Meulaboh, Kamis (29/9/2022) sore. (ANTARA/Teuku Dedi Iskandar)

Kanalinspirasi.com, ACEH BARAT – Ratusan Keuchik yang baru dilantik di Kabupaten Aceh Barat diminta siap menjadi “underbow” Pancasila.

“Saya minta keuchik yang baru dilantik ini bisa menjadi underbownya Pancasila di Aceh Barat,” tegas Bupati Aceh Barat Ramli MS di Meulaboh, Kamis.

Permintaan itu disampaikan bupati saat peresmian Tugu Kongres Santri Pancasila di Jalan Imam Bonjol Meulaboh.

Pemerintah Kabupaten Aceh Barat membangun Tugu Kongres Santri Pancasila untuk mengenang jasa para santri dan ulama dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

“Tugu ini juga melambangkan semangat dalam mempertahankan  nilai-nilai Pancasila” kata bupati Ramli.

Tugu yang dibangun di Kota Meulaboh ini terdiri dari lima pilar yang menandakan isi sila dalam lambang negara (Pancasila) itu.

Menurut bupati, kelima pilar tersebut merupakan dasar-dasar nilai yang tertanam dalam jiwa santri dan ulama.

Pilar di tugu tersebut memiliki warna yang mencerminkan suku Aceh. Makna warta hijau melambangkan keagamaan Islam. Kemudian kuning melambangkan warna kerajaan.

Selanjutnya warna merah melambangkan keberanian dan kepahlawanan. Hitam melambangkan keteguhan serta warna putih mengambarkan kesucian dan kemurnian.(*)

  • Bagikan
Exit mobile version