Bupati Aceh Utara Bersama Utusan Khusus Inggris Bahas Tata Kelola Hutan di Aceh

  • Whatsapp
bupati aceh utara
Bupati Aceh Utara, H. Muhammad Thaib bersama tim khusus dari Departemen Lingkungan Hidup, Pangan dan Hubungan Perdesaan Pemerintah Inggris (DEFRA) serta The Asia Foundation. Foto: Ist

BANDA ACEH – Bupati  Aceh Utara, H. Muhammad Thaib bersama tim khusus dari Departemen Lingkungan Hidup, Pangan dan Hubungan Perdesaan Pemerintah Inggris (DEFRA) serta The Asia Foundation melakukan pembahasan tata kelola hutan dan lahan Aceh bertempat di Hotel Kyriad Murayya Hotel Banda Aceh, Kamis (19/9).

Dalam pertemuan tersebut Bupati menjelaskan panjang lebar mengenai  pengalaman pelaksanaan perbaikan tata kelola hutan dan lahan di Aceh, Ia memulai menceritakan tentang tanaman alternatif menjadi tindak lanjut ketika membuat kebijakan moratorium sawit agar bisa membangkitkan ekonimi rakyat.

Bacaan Lainnya

Penjelasan dari orang nomor satu di Aceh Utara mendapat sambutan tim khusus dari Inggris yang memang sengaja mengundang Bapati untuk didengarkan paparannya terkait tata kelola lahan dan hutan, hadi dari tim khusus  James Jansen (Head of International Sustainable Land Use) dan David Thomas (Senior Delivery Manager) keduanya dari Dapartemen Pemerintah Inggris, serta Tiago de Valladares Pacheco (Livelihood Adviser) dari Kedutaan Inggris.

Lebih jauh Cek Mad panggilan akrab Bupati menyebutkan ketika melakukan moratorium sawit,pihaknya terus memikirkan bagaimana cara membangkitkan ekonomi masyarakat bawah dan meningkatkan PAD daerah dan juga pengelolaan lingkungan berkelanjutan dan penataan ruang.

Dengan kata lain, pembangunan mesti berkelanjutan, tetapi ekonomi tidak boloeh dan lingkungan terjaga, dari itu perlu ada sinkronisasi penyelamatan daerah penyangga air dengan kabupaten hulu, dan sinkronisasi program pembangunan desa dengan program daerah.

Pertemuan yang berlangsung selama dua jam itu terlaksana  penuh keakraban yang juga turut dihadiri Erman A Rahman dari The Asia Foundation, Lili Hasanuddin Direktur Program SETAPAK, Iskandar Dewantara Tim Ahli Bupati Aceh Utara, Nazaruddin Hasan M.Ag, serta didampingi oleh tim LSM Bytra. (*)

Pos terkait