Bupati Akan Menambah 1 Unit Puskesmas Dan 1 Unit Mobil Ambulance di Pulau Nasi

  • Whatsapp
kunjungan opd aceh besar
Bupati Aceh Besar, Ir H Mawardi Ali saat melakukan Kunjungan Kerja ke Pulo Breuh, Sabtu (1/2). Foto : Media Center Aceh Besar

ACEH BESAR – Segenap unsur OPD (Organisasi Perangkat Daerah) Kabupaten Aceh Besar melakukan kunjungan kerja ke kawasan kecamatan Pulau Aceh dalam rangka Evaluasi Kegiatan Perbantuan Pelayanan Kesehatan Untuk Pulo Aceh Tahun 2020, yang bertempat di desa Lampuyang, Pulau Breuh, Sabtu (1/2).

Pada kesempatan tersebut, bupati Aceh Besar mengapresiasi pihak Puskesmas Pulo Aceh yang baru saja mendapat akreditasi Madya oleh Kemenkes beberapa waktu lalu.

Bacaan Lainnya

“Alhamdulillah puskesmas kita sudah naik levelnya dari belum ada peringkat apa apa, menjadi akreditasi Madya, itu berkat kerja keras seluruh tenaga kesehatan yang ada disini, artinya pelayanan memang sudah meningkat baik SDM, maupun infrastruktur,” ujarnya.

Ia juga menambahkan bahwa masih banyak hal yang harus dibenahi. Salah satunya ialah dengan melakukan rotasi dan menambah petugas tertentu yang dirasa perlu. “Untuk tahun ini, kita pastikan akan menambah petugas dengan kualifikasi tertentu, juga me rolling (petugas) yang sudah lama disini, untuk pindah ke darat, begitu juga sebaliknya, dengan tujuan untuk me refresh para petugas yang sudah lama mengabdi di Pulo Aceh, mekanismenya sudah disusun, akan dieksekusi tahun ini,” tambah Mawardi Ali.

Juga, ia mengatakan akan menambah satu unit Puskesmas yang akan dibangun di Pulau Nasi. “Selama ini, masyarakat masih menyeberang ke Pulau Breuh demi mendapatkan fasilitas kesehatan, akan kita tambah di Pulau Nasi, anggarannya sudah ada, tahun ini akan dibangun,” katanya.

Juga, 1 unit mobil Ambulance baru, akan ditempatkan di kawasan Pulo Aceh. “Tahun ini kita juga mendapat bantuan 1 unit mobil Ambulance dari Dinkes Aceh, nanti akan kita serahkan,” tambah dia.

Sementara itu, Plt. Kadis Kesehatan Aceh Besar, Lukman mengatakan, bahwa selama ini, pihaknya sudah menjalankan program pelayanan tenaga kesehatan perbantuan di Pulo Aceh, yang didatangkan dari beberapa puskesmas-puskesmas yang ada di Aceh Besar.
“Berdasarkan data, sudah banyak masyarakat yang mau datang ke Puskesmas walaupun sekedar untuk konsultasi, artinya pelayanan sudah meningkat, juga dengan didatangkannya tenaga perbantuan, manfaat yang didapat oleh masyarakat sangat besar,” ujarnya.

Ia juga memastikan bahwa pihaknya akan meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di Pulo Aceh. “Untuk evaluasi, pelayanan perbantuan di Pulo Aveh sudah bagus bukan, bukan untuk diingat, tapi harus ditingkatkan, dan beberapa hal yg masuh kurang akan kita benahi,” kata Lukman.

Hal senada diungkapkan anggota komisi V fraksi Nasdem DPRK Aceh Besar, Zulfikar, bahwa ia mengapresiasi kinerja pemerintah Aceh Besar dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan. “Akreditasi yang sudah dicapai, patut diapresiasi, namun kita juga mendorong, agar ada formulasi yang lebih inovatif lagi, agar bisa meningkatkan lagi pelayanan dalam bentuk apapun, terutama kesehatan agar bisa lebih bagus lagi di masa yang akan datang,” ujarnya. (*)

Pos terkait