Cegah Virus Corona Masuk Indonesia, Kemenhub Akan Screening Tenaga Kerja China

  • Whatsapp
virus corona puncak arus mudik 2019 budi karya sumadi
Menhub Budi Karya Sumadi. Foto : Ist

JAKARTA – Virus corona yang bermula dari Wuhan, China, kini telah mewabah ke beberapa negara di dunia. Virus yang tergolong mematikan ini bahkan mengancam perekonomian global.

Untuk mencegah penyebaran virus corona di Indonesia, Kementerian Perhubungan berikhtiar melakukan screening terhadap tenaga kerja asal China, dengan melakukan pemeriksaan kesehatan secara insentif.

Bacaan Lainnya

“Ya nanti kalau dia ada indikasi badannya panas, baru kita lakukan suatu pemeriksaan lebih lanjut. Itu domainnya Kementerian Kesehatan,” ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Jakarta, Senin (27/1).

Baca Juga : Pemerintah Terus Berupaya Lindungi WNI di Wuhan dari Wabah Corona

Terkait pemeriksaan ini, Budi Karya menjelaskan ada prosedur-prosedur tertentu yang diterapkan kepada penumpang dan awak pesawat dari penerbangan internasional, termasuk dari China yang datang ke Indonesia.

“Menindaklanjuti imbauan dari Menteri Sekretaris Negara, saya meminta seluruh stakeholder transportasi khususnya di sektor udara dan laut untuk memerhatikan perkembangan virus corona di Wuhan, China dan melakukan upaya preventif yang lebih intensif,” jelas Menhub.

Budi Karya mengungkapkan upaya-upaya yang perlu dilakukan oleh para operator sektor transportasi udara dan laut yaitu: melakukan pemantauan dan pemeriksaan penumpang dan kru yang lebih intensif, khususnya dari tujuan asal China, melakukan koordinasi intensif dengan para stakeholder agar petugas di bandara dan pelabuhan internasional yang dilalui penumpang dari tujuan asal China menggunakan masker.

“Tadi malam saya telah meminta Dirjen Perhubungan Udara, Dirjen Perhubungan Laut berkoordinasi dengan Angkasa Pura I, Angkasa Pura II, Pelindo I sampai dengan Pelindo IV untuk segera melakukan upaya-upaya secara intensif,” tandasnya.

Pos terkait