Cooling Tower Ammonia Eks Pabrik Asean di Krueng Geukueh Terbakar

  • Whatsapp
tower aaf
Bangunan Cooling Tower Ammonia di eks Pabrik Asean Aceh Fertilizer (AAF) terbakar.

ACEH UTARA – Bangunan Cooling Tower Ammonia di eks Pabrik Asean Aceh Fertilizer (AAF) yang berada di kawasan Keude Krueng Geukueh, Kecamatan Dewantara, Aceh Utara, Minggu (18/10) dilaporkan terbakar.

Tempat pengolahan air tersebut terbakar pada pukul 12.00 WIB, saat pengerjaan pemotongan besi yang dilakukan oleh PT Kirana Saivo, yang memenangkan tender scrab eks pabrik tersebut.

Bangunan Cooling Tower Ammonia di eks Pabrik Asean Aceh Fertilizer (AAF) terbakar.

Kebakaran tersebut mengejutkan warga, karena asap yang keluar dari eks pabrik tersebut sangat pekat.

Untuk diketahui eks Pabrik AAF tersebut sudah dibeli oleh PT Pupuk Iskandar Muda (PIM) pada 31 Desember 2018 dengan 624 miliar.

“Sedang pengerjaan scrab, jadi rencana akan diruntuhkan, kemungkinan terkena percikan api (saat pemotongan besi),” ujar Vice President Humas Pupuk Iskandar Muda (PIM) Nasrun kepada awak media, Minggu (18/10).

Bangunan Cooling Tower Ammonia di eks Pabrik Asean Aceh Fertilizer (AAF) terbakar.

Ia juga menyebutkan, kayu di bangunan tersebut sudah sangat lapuk karena sudah lama. Selain itu, di bangunan tersebut juga plastic, sehingga ketika terbakar, asapnya pekat.

“Tapi sekarang sudah padam. Mobil Pemadam dari PIM, Water Canon milik Polres Lhokseumawe, Pemda dan Pemko langsung memadamkan api,” kata Nasrun.

Ditambahkan, pengerjaan scrup eks pabrik tersebut baru dimulai beberapa bulan dan sekarang masih dalam proses.

Sementara itu Kapolres Lhokseumawe AKBP Eko Hartanto melalui Kapolsek Dewantara AKP Nurmansyah menyebutkan, saat ini petugas sedang melakukan pemadaman api.

“Kami langsung ke lokasi, terbakar kemungkinan karena percikan api saat sedang pengerjaan scrubnya,” ujar Kapolsek Dewantara. (mad)

Pos terkait