Dampak Kemarau: BPBD Aceh Besar Suplai Air Bersih ke Rumah Ibadah

  • Whatsapp
bpbd aceh besar menyuplai air bersih
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Besar menyuplai air bersih ke sejumlah rumah ibadah dikemukiman Lamlhom, Kecamatan Lhoknga, Kamis (30/5). Foto: Doc Pri

ACEH BESAR – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Besar, Kamis (30/5) ikut menyuplai air bersih ke sejumlah rumah ibadah dikemukiman Lamlhom, Kecamatan Lhoknga, karena kondisi kawasan itu semua sumur sudah karing akibat kemarau panjang.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Provinsi Aceh, Teuku Dadek kepada Kanalinspirasi.com mengatakan, dampak dari kemarau berkepanjangan yang melanda kawasan pemukiman Lhamlhom dan Kecamatan Lhoknga, Aceh Besar yang terjadi semenjak sebelum bulan selama Ramadhan, membuat daerah itu kesulitan air bersih dan sejumlah sumur warga juga ikut kering.

Bacaan Lainnya

Selain sumur kering juga banyak lahan pertanian warga gagal panen karena tidak ada air di sawah sumur-sumur di rumah warga juga sudah berkurang debitnya sehingga warga mulai kesulitan untuk mengakses air bersih.

Dan bahkan beberapa hari yang lalu warga di Kemukiman Lamlhom sempat melaksanakan shalat (istisqa) untuk meminta hujan.

Setelah mendapatkan berita tersebut, BPBD Provinsi melakukan koordinasi dengan aparatur Desa dan terus melakukan penanganan dengan mendatangkan beberapa unit armada kelokasi kejadian untuk menyuplai air bersih ke warga masyarakat.

BPBD Aceh Besar mendatangkan satu ini Mobil Tangki air dan satu unit armada pemadam. Petugas BPBD Aceh Besar melakukan pengisian air ke bak-bak penampungan di meunasah desa setempat disamping mempermudah warga masyarakat untuk mengakses kebutuhan air bersih yang memang selama bulan puasa ini masyarakat sangat kesulitan jangankan untuk yang lain untuk berwudhu aja dalam menjalankan ibadah kami sangat susah.

Setelah mendapatkan bantuan suplai air bersih dari BPBD di lokasi Kemukiman tersebut pun hujan sudah mulai turun dalam dua hari ini walaupun masih dalam intensitas rendah namun masyarakat sangat bersyukur dan berterimakasih dengan bantuan air bersih dari BPBD dan rahmat hujan yang mulai turun dari Allah swt. (*)

Pos terkait