Dandim Aceh Utara Pimpin Perbaikan Makam Cut Meutia

  • Whatsapp
makam cut meutia

ACEH UTARA – Tim gabungan TNI/Polri dan masyarakat berjalanan kaki puluhan kilometer menuju Makam Pahlawan Nasional Cut Meutia, di Desa Alue Rimee, Kecamatan Pirak Timu, Kabupaten Aceh Utara. Makam pahlawan nasional itu rusak parah setelah ditimpa pohon yang tumbang beberapa waktu lalu.

Tak mudah menuju lokasi yang berada di kawasan hutan tersebut. Komandan Kodim (Dandim) 0103/ Aceh Utara, Letnan Kolonel (Letkol) Inf Agung Sukoco dalam keterangan tertulisnya, Senin (13/7) menyebutkan, dirinya menerima informasi kondisi makam tersebut rusak parah dari masyarakat.

“Semua pohon yang tumbang ke makam kita bersihkan. Medan menuju ke sana memang berat, harus berjalan kaki. Tak bisa menggunakan kendaraan,” kata Dandim.

Agung menyebutkan, kemarin tukang dibantu polisi, TNI, dan masyarakat sudah mulai membangun dan membersihkan kompleks makam. Dia merincikan, bagian nisan rusak, juga diperbaiki dan dicat ulang.

“Nisan dan bangunan lain kita perbaiki. Kita selesaikan sesegera mungkin,” terangnya.

Dandim menyebutkan, pohon tumbang ke makam itu terjadi 18 Juni 2020. Pohon berdiameter 1,5 meter itu menghancurkan seluruh bangunan di makam pahlawan nasional tersebut.

“Kami pastikan makam ini akan diperbaiki dengan baik. Ini bukti penghormatan kita pada pahlawan yang berkorban untuk bangsa ini,” pungkasnya. (mad/*)

Pos terkait