Dayah Babussalam Matangkuli Akan Luncurkan Jenjang Pendidikan Ma’had ‘Aly

  • Whatsapp
peresmian ma'had 'aly
Rapat Peresmian Ma'had 'Aly (Dayah Manyang) Babusaalam Al-Hanafiyyah. Foto: Ist

ACEH UTARA – Pimpinan Dayah Babussalam Al-Hanafiyyah, Matangkuli, Aceh Utara, Waled H. Sirajuddin Hanafi, memimpin rapat persiapan launching atau peresmian Ma’had ‘Aly (Dayah Manyang) Babusaalam Al-Hanafiyyah, di kompleks dayah tersebut, Sabtu (27/7)

Rapat tersebut dihadiri Mudir (Direktur) Ma’had ‘Aly Babussalam Al-Hanafiyyah, Tgk. T. Zulkhairi, M.A., beserta para wakil seperti Tgk. Ahmad Burhanuddin Murad, M.Pd., Tgk. Ibrahim, S.Pd.I., para pengurus lainnya serta Dewan Guru Dayah Babussalam Al-Hanafiyyah Matangkuli.

Bacaan Lainnya

Saat pembukaan rapat, Waled Sirajuddin mengharapkan kepada seluruh dosen serta mahasantri supaya mampu menjadikan diri sebagai orang yang mempunyai Intelektual dan profesional dengan adanya institusi ini.

“Saya sangat mengharapkan kepada semua pengajar dan santri supaya bisa menunjukkan intelektualitasnya saat sudah menjadi sarjana Ma’had ‘Aly sebagaimana sarjana-sarjana lainnya. Harus mampu menjadikan diri sebagai orang yang menyandang kedalaman spiritual dan keagungan akhlak,” ujar Waled Sirajuddin.

Dalam kesempatan tersebut, Tgk. Zulkhairi juga mengharapkan supaya acara peresmian yang akan dilaksanakan pada 6 Agustus 2019 mendatang harus istimewa dan berjalan dengan sebaik-baiknya.

Menurut laporan Tgk. Zulkhairi, selain tamu dari Aceh juga ada 2 orang perwakilan Kemenag RI akan hadir pada acara launching tersebut sekaligus memberikan kuliah umum perdana di Ma’had ‘Aly Dayah Babussalam Matangkuli.

Disebutkan, dari Aceh dijadwalkan hadir Kepala Kanwil Kemenag Aceh, Drs. H.M. Daud Pakeh dan jajarannya, Kepala Dinas Pendidikan Dayah Aceh H. Usamah El Madny, M.Si., dan para undangan lainnya. Sementara dari Direktorat Pondok Pesantren Kemenag RI akan hadir Kasubdit Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Dr. H. Ainurrofiq, M.A., dan Agus Umar.

Ma’had ‘Aly Babussalam adalah subpendidikan bernaung di bawah Dayah Babussalam yang merupakan dayah dengan tipe A plus di Aceh.

Sesuai dengan Peraturan Kemenag RI, Ma’had ‘Aly didirikan oleh dan berada di bawah institusi dayah atau pesantren. Ma’had ‘Aly Babussalam Al Hanafiyyah memperoleh izin pendirian lewat Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kemenag RI Nomor 2885 Tahun 2019 dengan Takhasus (Konsentrasi) yaitu bidang Tafsir wa ‘Ulumuhu.

Launching Ma’had ‘Aly Babussalam direncanakan akan dihadiri lima ratusan undangan dan diramaikan lebih dari seribu santri Dayah Babussalam,” kataTgk. Kiamuddin, Humas Ma’had ‘Aly Dayah Babusaalam Al-Hanafiyyah, Matangkuli, Aceh Utara. (*)

Pos terkait